PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 1 PANTAI CERMIN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
ctrlnum |
20512 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/20512/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN
MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING
TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI
SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 1
PANTAI CERMIN TAHUN
PEMBELAJARAN
2016/2017</title><creator>Panjaitan, Vivi Mayzurni</creator><subject>HG1706 Accounting. Bookkeeping</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa
dikelas XI SMK Negeri 1 Pantai Cermin. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hasil belajar akuntansi siswa yang diajar dengan model pembelajaran
Problem Posing lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajar dengan model
pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi pokok jurnal umum kelas XI AK
SMK Negeri 1 Pantai Cermin.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pantai Cermin yang
beralamat di Jl. Menang No.1 Pantai Cermin, Serdang Bedagai pada tahun
pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI AK
sejumlah 66 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian yaitu kelas XI AK
1 dan XI AK 2 sejumlah 20 siswa untuk masing-masing kelas, teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik
pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah tes
pilihan berganda berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan kepada sampel yang
sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas,
reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 pretest
X = 44,50; SD = 7,76 dan postes X = 80,00; SD = 8,27. Sedangkan kelas
eksperimen 2 pretes X = 38,50; SD = 8,29 dan postest adalah X = 70,00 ; SD =
7,43. Dengan demikian hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran
Problem Posing lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajar dengan
menggunakan model pembelajaran Reciprocal teaching. Kemudian ditemukan
bahwa data berdistribusi normal dan juga homogen, sehingga dapat dilakukan
pengujian hipotesis penelitian. Dari pengujian hipotesis diperoleh thitung = 3,65 dan
ttabel = 1,707,sehingga thitung > ttabel (3,65 > 1,707) pada taraf signifikan pada α=
0,05, yang berarti hipotesis penelitian diterima.
Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing pada mata pelajaran
jurnal umum lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajar dengan menggunakan
model pembelajaran Reciprocal teaching.</description><date>2016-08-09</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20512/1/1.%20NIM.%207123342039%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20512/2/2.%20NIM.%207123342039%20LEMBAR%20PERSETUJUAN%2C%20LEMBAR%20PENGESAHAN%2C%20SURAT%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20512/3/3.%20NIM.%207123342039%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20512/4/4.%20NIM.%207123342039%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20512/5/5.%20NIM.%207123342039%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20512/6/6.%20NIM.%207123342039%20DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20512/7/7.%20NIM.%207123342039%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20512/8/8.%20NIM.%207123342039%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20512/9/9.%20NIM.%207123342039%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20512/10/13.%20NIM.%207123342039%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20512/11/14.%20NIM.%207123342039%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Panjaitan, Vivi Mayzurni (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 1 PANTAI CERMIN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>20512</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Panjaitan, Vivi Mayzurni |
title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN
MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING
TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI
SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 1
PANTAI CERMIN TAHUN
PEMBELAJARAN
2016/2017 |
publishDate |
2016 |
isbn |
207123342039 |
topic |
HG1706 Accounting. Bookkeeping LB1603 Secondary Education. High schools |
url |
http://digilib.unimed.ac.id/20512/1/1.%20NIM.%207123342039%20COVER.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20512/2/2.%20NIM.%207123342039%20LEMBAR%20PERSETUJUAN%2C%20LEMBAR%20PENGESAHAN%2C%20SURAT%20PERNYATAAN.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20512/3/3.%20NIM.%207123342039%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20512/4/4.%20NIM.%207123342039%20KATA%20PENGANTAR.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20512/5/5.%20NIM.%207123342039%20DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20512/6/6.%20NIM.%207123342039%20DAFTAR%20TABEL.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20512/7/7.%20NIM.%207123342039%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20512/8/8.%20NIM.%207123342039%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20512/9/9.%20NIM.%207123342039%20BAB%20I.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20512/10/13.%20NIM.%207123342039%20BAB%20V.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20512/11/14.%20NIM.%207123342039%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20512/ |
contents |
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa
dikelas XI SMK Negeri 1 Pantai Cermin. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hasil belajar akuntansi siswa yang diajar dengan model pembelajaran
Problem Posing lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajar dengan model
pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi pokok jurnal umum kelas XI AK
SMK Negeri 1 Pantai Cermin.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pantai Cermin yang
beralamat di Jl. Menang No.1 Pantai Cermin, Serdang Bedagai pada tahun
pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI AK
sejumlah 66 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian yaitu kelas XI AK
1 dan XI AK 2 sejumlah 20 siswa untuk masing-masing kelas, teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik
pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah tes
pilihan berganda berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan kepada sampel yang
sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas,
reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 pretest
X = 44,50; SD = 7,76 dan postes X = 80,00; SD = 8,27. Sedangkan kelas
eksperimen 2 pretes X = 38,50; SD = 8,29 dan postest adalah X = 70,00 ; SD =
7,43. Dengan demikian hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran
Problem Posing lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajar dengan
menggunakan model pembelajaran Reciprocal teaching. Kemudian ditemukan
bahwa data berdistribusi normal dan juga homogen, sehingga dapat dilakukan
pengujian hipotesis penelitian. Dari pengujian hipotesis diperoleh thitung = 3,65 dan
ttabel = 1,707,sehingga thitung > ttabel (3,65 > 1,707) pada taraf signifikan pada α=
0,05, yang berarti hipotesis penelitian diterima.
Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing pada mata pelajaran
jurnal umum lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajar dengan menggunakan
model pembelajaran Reciprocal teaching. |
id |
IOS3150.20512 |
institution |
Universitas Negeri Medan |
institution_id |
60 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Medan |
library_id |
564 |
collection |
Digital Repository Universitas Negeri Medan |
repository_id |
3150 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Akuntansi |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS3150 |
first_indexed |
2017-02-25T17:14:13Z |
last_indexed |
2017-02-25T17:14:13Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766033411559915520 |
score |
17.538404 |