ctrlnum 20512
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/20512/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN&#xD; MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING&#xD; TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI&#xD; SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 1&#xD; PANTAI CERMIN TAHUN&#xD; PEMBELAJARAN&#xD; 2016/2017</title><creator>Panjaitan, Vivi Mayzurni</creator><subject>HG1706 Accounting. Bookkeeping</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa&#xD; dikelas XI SMK Negeri 1 Pantai Cermin. Penelitian ini bertujuan untuk&#xD; mengetahui hasil belajar akuntansi siswa yang diajar dengan model pembelajaran&#xD; Problem Posing lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajar dengan model&#xD; pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi pokok jurnal umum kelas XI AK&#xD; SMK Negeri 1 Pantai Cermin.&#xD; Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pantai Cermin yang&#xD; beralamat di Jl. Menang No.1 Pantai Cermin, Serdang Bedagai pada tahun&#xD; pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI AK&#xD; sejumlah 66 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian yaitu kelas XI AK&#xD; 1 dan XI AK 2 sejumlah 20 siswa untuk masing-masing kelas, teknik&#xD; pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik&#xD; pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah tes&#xD; pilihan berganda berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan kepada sampel yang&#xD; sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas,&#xD; reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data&#xD; yang digunakan yaitu uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis.&#xD; Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 pretest&#xD; X = 44,50; SD = 7,76 dan postes X = 80,00; SD = 8,27. Sedangkan kelas&#xD; eksperimen 2 pretes X = 38,50; SD = 8,29 dan postest adalah X = 70,00 ; SD =&#xD; 7,43. Dengan demikian hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran&#xD; Problem Posing lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajar dengan&#xD; menggunakan model pembelajaran Reciprocal teaching. Kemudian ditemukan&#xD; bahwa data berdistribusi normal dan juga homogen, sehingga dapat dilakukan&#xD; pengujian hipotesis penelitian. Dari pengujian hipotesis diperoleh thitung = 3,65 dan&#xD; ttabel = 1,707,sehingga thitung &gt; ttabel (3,65 &gt; 1,707) pada taraf signifikan pada &#x3B1;=&#xD; 0,05, yang berarti hipotesis penelitian diterima.&#xD; Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar&#xD; dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing pada mata pelajaran&#xD; jurnal umum lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajar dengan menggunakan&#xD; model pembelajaran Reciprocal teaching.</description><date>2016-08-09</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20512/1/1.%20NIM.%207123342039%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20512/2/2.%20NIM.%207123342039%20LEMBAR%20PERSETUJUAN%2C%20LEMBAR%20PENGESAHAN%2C%20SURAT%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20512/3/3.%20NIM.%207123342039%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20512/4/4.%20NIM.%207123342039%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20512/5/5.%20NIM.%207123342039%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20512/6/6.%20NIM.%207123342039%20DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20512/7/7.%20NIM.%207123342039%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20512/8/8.%20NIM.%207123342039%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20512/9/9.%20NIM.%207123342039%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20512/10/13.%20NIM.%207123342039%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20512/11/14.%20NIM.%207123342039%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Panjaitan, Vivi Mayzurni (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 1 PANTAI CERMIN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>20512</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Panjaitan, Vivi Mayzurni
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 1 PANTAI CERMIN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
publishDate 2016
isbn 207123342039
topic HG1706 Accounting. Bookkeeping
LB1603 Secondary Education. High schools
url http://digilib.unimed.ac.id/20512/1/1.%20NIM.%207123342039%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20512/2/2.%20NIM.%207123342039%20LEMBAR%20PERSETUJUAN%2C%20LEMBAR%20PENGESAHAN%2C%20SURAT%20PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20512/3/3.%20NIM.%207123342039%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20512/4/4.%20NIM.%207123342039%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20512/5/5.%20NIM.%207123342039%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20512/6/6.%20NIM.%207123342039%20DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20512/7/7.%20NIM.%207123342039%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20512/8/8.%20NIM.%207123342039%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20512/9/9.%20NIM.%207123342039%20BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20512/10/13.%20NIM.%207123342039%20BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20512/11/14.%20NIM.%207123342039%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20512/
contents Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa dikelas XI SMK Negeri 1 Pantai Cermin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Posing lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi pokok jurnal umum kelas XI AK SMK Negeri 1 Pantai Cermin. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pantai Cermin yang beralamat di Jl. Menang No.1 Pantai Cermin, Serdang Bedagai pada tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI AK sejumlah 66 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian yaitu kelas XI AK 1 dan XI AK 2 sejumlah 20 siswa untuk masing-masing kelas, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah tes pilihan berganda berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan kepada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 pretest X = 44,50; SD = 7,76 dan postes X = 80,00; SD = 8,27. Sedangkan kelas eksperimen 2 pretes X = 38,50; SD = 8,29 dan postest adalah X = 70,00 ; SD = 7,43. Dengan demikian hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal teaching. Kemudian ditemukan bahwa data berdistribusi normal dan juga homogen, sehingga dapat dilakukan pengujian hipotesis penelitian. Dari pengujian hipotesis diperoleh thitung = 3,65 dan ttabel = 1,707,sehingga thitung > ttabel (3,65 > 1,707) pada taraf signifikan pada α= 0,05, yang berarti hipotesis penelitian diterima. Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing pada mata pelajaran jurnal umum lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal teaching.
id IOS3150.20512
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-02-25T17:14:13Z
last_indexed 2017-02-25T17:14:13Z
recordtype dc
_version_ 1766033411559915520
score 17.538404