PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Akuntansi siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 11 Medan. Penelitian ini bertujuan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi pada materi pokok memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang yang diajar dengan model pembelajaran probing prompting lebih tinggi daripada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 11 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Medan, Medan T.P 2016/2017, dengan populasi seluruh siswa kelas XII IPS SMA Negeri 11 Medan, Medan, yang berjumlah 111 orang. Jumlah sampel adalah 60, kelas XII IPS-2 sebagai kelas eksperimen, kelas XII IPS-3 sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 item yang sudah diujicobakan sebelumnya untuk mengetahui tingkat validitas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda setiap soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis data yang diperoleh, nilai rata-rata untuk kelas eksperimen pretest = 55,5 SD = 13,9 dan postest = 77,83 SD = 9,70. Sedangkan kelas kontrol pretes = 52,8 SD = 10,47 dan postest = 73,33 SD = 9,58. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk = (n1+n2)-2 pada taraf