PENGARUH KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan berpikir tingkat tinggi terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Medan tahun pembelajaran 2015/ 2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Medan yang berada di jalan Ansari No 34 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Medan tahun pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 76 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan sampel yang diambil adalah kelas XI IPS 1. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linieritas, uji regresi liniear sederhana, uji T, dan determinasi. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 22.0, diperoleh persamaan regresi liniear sederhana Y = 10,609 + 0,846 X . Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dan dk = (n-2) pada taraf α= 0,05. Dari hasil perhitungan hipotesis, diperoleh t hitung sebesar 4,453 dan t tabel sebesar 1,688 dengan nilai signifikansi 0,037 < 0,05 yang berarti hipotesis diterima. Persentase sumbangan keterampilan berpikir tingkat tinggi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa sebesar 65,3 %. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah keterampilan berpikir tingkat tinggi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi.