THE EFFECTIVENESS OF USING PRE-QUESTIONING TECHNIQUE TO TEACH READING COMPREHENSION OF NARRATIVE TEXT (An Experimental Study at the Eighth Grade Student at SMP N 2 MejoboKudus in the Academic Year 2017/2018)
Main Author: | OKTAVIANA, AGHITA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/9503/1/Hal%20Judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/9503/2/CHAPTER%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/9503/3/CHAPTER%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/9503/4/CHAPTER%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/9503/5/CHAPTER%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/9503/6/CHAPTER%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/9503/7/CHAPTER%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/9503/8/BIBLIOGRAPHY.pdf http://eprints.umk.ac.id/9503/9/APPENDIX.pdf http://eprints.umk.ac.id/9503/ http://eprints.umk.ac.id |
Daftar Isi:
- Siswa SMP diharapkan menguasai kemampuan reading sebagaimana diterapkan pada KTSP, termasuk siswa SMP 2 Mejobo Kudus.Oleh karena itu, pengajaran pemahaman teks naratif sebagai bagian dari pemahaman bacaan harus dikuasai agar mencapai kesuksesan kurikulum. Akan tetapi, beberapa masalah meyebabkan siswa kesulitan menguasainya, sepertikurang motivasi dan ketertarikan dalam belajar, yang terbukti oleh rata-rata nilai tes hanya 68,5, di bawah nilai KKM. Teknik pre-questioning adalah salah satu cara untuk meningkatkan minat, mendorong dan memotivasi siswa untuk mempelajari pemahaman bacaan naratif. Oleh karena itu, penulis bermaksud menerapkan teknik pre-questioning untuk meningkatkan pemahaman bacaannaratif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan pada pengajaran pemahaman bacaan naratif pada siswa kelas VIII SMP N 2 Mejobo Kudus tahun pelajaran 2017/2018 sebelum dan sesudah menggunakan teknik pre-questioning. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan satu kelompok, menggunakan pre-test dan post-test.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Mejobo Kudus tahun pelajaran 2017/2018.Peneliti memilih satu kelas sebagai sampel penelitian, yaitu kelas VIII F. Jumlah siswanya 33 siswa. Peneliti menggunakan test tertulis sebagai instrumen penelitian. Bentuk tes yang digunakan adalah pilihan ganda yang berjumlah 25nomor. Hasil penelitian menunjukkan penggunan teknik pre-question dapat meningkatkan kemampuan pemahaman bacaan naratif.Hal tersebut terlihat pada hasil pre-test dan post-test. Hasil pre-test tergolong rendah (rata-rata = 62,14 dan standar deviasi 7,57). Dan hasil post test setelah dilakukan treatmen adalah tinggi (rata-rata= 83,7 dan standar deviasi = 8,35). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pengajaran pemahaman bacaan naratif pada siswa kelas VIII SMP N 2 Mejobo Kudus tahun pelajaran 2017/2018 sebelum dan sesudah diajar menggunakan teknik pre-questioning. Hasil dari t-observasi lebih tinggi daripada t-tabel (t0= 12,72> tt= 2,04). Berdasarkan hasil dari penelitian, sebaiknya guru bahasa Inggris menggunakan teknik pre-questioning sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman bacaan naratif. Sehingga, siswa akan tertarik dan termotivasi belajar bahasa Inggris dengan lebih baik