Rancangan perbaikan kualitas layanan pada jasa pengiriman ninja xpress margoyoso dengan menggunakan integrasi model kano dan quality function deployment (qfd)
Main Author: | Thoha, Rachmad Iqbal |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/17535/1/Halaman%20Judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/17535/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/17535/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/17535/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/17535/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/17535/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/17535/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/17535/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/17535/ |
Daftar Isi:
- Bisnis jasa pengiriman paket banyak sekali bermunculan, semua saling berlomba untuk menarik sebanyak mungkin pelanggan menggunakan jasanya. Permasalah pada Ninja Xpress Margoyoso masih terdapat ketidakpuasan pelanggan atas pelayanan yang diberikan. Berdasarkan masalah tersebut, maka akan dilakukan penelitian menggunakan metode Kano dan quality function deployment (QFD) dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas layanan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Metode Kano digunakan untuk mengetahui atribut yang diinginkan pelangkan, sedangkan metode quality functional deployment (QFD) digunakan untuk menentukan atribut yang perlu dikembangkan untuk rancangan perbaikan. Dari 22 atribut layanan terdapat 9 atribut yang menjadi prioritas perbaikan. Selanjutnya, untuk menentukan rancangan perbaikan menggunkan integrasi model Kano dan quality function deployment (QFD) menghasilkan house of quality (HOQ). Dari penyusunan house of quality, nilai weight importance tertinggi menjadi prioritas perbaikan layanan pada jasa pengiriman Ninja Xpress Margoyoso. Hasil penelitian terdapat 5 atribut perbaikan diantaranya pembuatan SOP ketat untuk pegawai, pelatihan sikap perilaku pegawai, meningkatkan kebersihan area parkir dan kantor, evaluasi tiap bulan kepada pegawai, dan penambahan pegawai untuk percepatan pengiriman.