Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Penalaran Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Menggunakan Model Pendekatan Matematika Realistic (PMR) Dan Model Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Di Kelas Viii Smp N 1 Percut Sei Tuan T.P 2018/2019

Main Author: Lubis, Rida Nelviani
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/7966/1/SKRIPSI%20RIDA%20NELVIANI%20LUBIS.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/7966/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan penalaran matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran Matematika Realistik (PMR) lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem Contetual Teaching and Learning (CTL) di kelas VIII SMP N 1 Percut Sei Tuan T.P 2018/2019.. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Percut Sei Tuan T.P 2018/2019 yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 60 siswa, yang juga dijadikan sampel pada penelitian ini. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan penelaran matematik siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA), Hasil Temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan model pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan Contetual Teaching and Learning (CTL) pada materi Lingkaran 2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari kemampuan penalaran matematika siswa dengan model pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan Contetual Teaching and Learning (CTL) pada materi Lingkaran. Simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan Pemecahan Masalah matematika siswa dan Kemampuan Penalaran lebih sesuai diajarkan dengan Model Pembelajaran Contetual Teaching and Learning (CTL) daripada Model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR).