Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Penalaran Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Menggunakan Model Pendekatan Matematika Realistic (PMR) Dan Model Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Di Kelas Viii Smp N 1 Percut Sei Tuan T.P 2018/2019

Main Author: Lubis, Rida Nelviani
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/7966/1/SKRIPSI%20RIDA%20NELVIANI%20LUBIS.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/7966/
ctrlnum 7966
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinsu.ac.id/7966/</relation><title>Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Penalaran Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Menggunakan Model Pendekatan Matematika Realistic (PMR) Dan Model Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Di Kelas Viii Smp N 1 Percut Sei Tuan T.P 2018/2019.</title><creator>Lubis, Rida Nelviani</creator><subject>2X7.33 Tingkat stanawiyah dan &#x2018;aliyah</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan penalaran matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran Matematika Realistik (PMR) lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem Contetual Teaching and Learning (CTL) di kelas VIII SMP N 1 Percut Sei Tuan T.P 2018/2019..&#xD; Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Percut Sei Tuan T.P 2018/2019 yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 60 siswa, yang juga dijadikan sampel pada penelitian ini. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan penelaran matematik siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian.&#xD; Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA), Hasil Temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan model pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan Contetual Teaching and Learning (CTL) pada materi Lingkaran 2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari kemampuan penalaran matematika siswa dengan model pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan Contetual Teaching and Learning (CTL) pada materi Lingkaran.&#xD; Simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan Pemecahan Masalah matematika siswa dan Kemampuan Penalaran lebih sesuai diajarkan dengan Model Pembelajaran Contetual Teaching and Learning (CTL) daripada Model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR).</description><date>2019</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinsu.ac.id/7966/1/SKRIPSI%20RIDA%20NELVIANI%20LUBIS.pdf</identifier><identifier> Lubis, Rida Nelviani (2019) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Penalaran Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Menggunakan Model Pendekatan Matematika Realistic (PMR) Dan Model Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Di Kelas Viii Smp N 1 Percut Sei Tuan T.P 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. </identifier><recordID>7966</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Lubis, Rida Nelviani
title Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Penalaran Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Menggunakan Model Pendekatan Matematika Realistic (PMR) Dan Model Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Di Kelas Viii Smp N 1 Percut Sei Tuan T.P 2018/2019
publishDate 2019
topic 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
url http://repository.uinsu.ac.id/7966/1/SKRIPSI%20RIDA%20NELVIANI%20LUBIS.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/7966/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan penalaran matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran Matematika Realistik (PMR) lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem Contetual Teaching and Learning (CTL) di kelas VIII SMP N 1 Percut Sei Tuan T.P 2018/2019.. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Percut Sei Tuan T.P 2018/2019 yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 60 siswa, yang juga dijadikan sampel pada penelitian ini. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan penelaran matematik siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA), Hasil Temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan model pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan Contetual Teaching and Learning (CTL) pada materi Lingkaran 2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari kemampuan penalaran matematika siswa dengan model pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan Contetual Teaching and Learning (CTL) pada materi Lingkaran. Simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan Pemecahan Masalah matematika siswa dan Kemampuan Penalaran lebih sesuai diajarkan dengan Model Pembelajaran Contetual Teaching and Learning (CTL) daripada Model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR).
id IOS2781.7966
institution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 503
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
library_id 508
collection Repository UIN Sumatera Utara
repository_id 2781
subject_area Adat Istiadat
Administrasi Negara dan Militer
Agama
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS2781
first_indexed 2020-01-03T03:52:50Z
last_indexed 2020-02-01T14:17:36Z
recordtype dc
_version_ 1765850863881945088
score 17.538404