STRATEGI PENINGKATAN JUMLAH NASABAH PADA PRODUK SIMPANAN QURBAN (SISUQUR) DI KJKS BMT AN NAJAH WIRADESA KABUPATEN PEKALONGAN
ctrlnum |
1437 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1437/</relation><title>STRATEGI PENINGKATAN JUMLAH NASABAH PADA PRODUK SIMPANAN QURBAN (SISUQUR) DI KJKS BMT AN NAJAH WIRADESA KABUPATEN PEKALONGAN</title><creator>Fitriyanti, Diah Irma</creator><subject>150501 Consumer-Oriented Product or Service Development</subject><subject>150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)</subject><description>Simpanan qurban (Sisuqur) merupakan simpanan pribadi yang penyetorannya setiap bulan atau setiap minggu sesuai perjanjian dengan nominal tertentu yang secara akumulatif bisa digunakan untuk membeli hewan qurban baik secara tunai atau dalam bentuk hewan qurban. Simpanan qurban (Sisuqur) termasuk kedalam simpanan yang berorientasi sosial. Artinya, yang merasakan manfaat secara langsung dari produk tersebut adalah orang lain (penerima qurban), sedangkan bagi orang yang berqurban lebih kepada manfaat secara batiniah, yaitu sebagai wujud ketaatan kepada perintah Allah. Salah satu prinsip ekonomi yang merupakan keputusan individu dalam melakukan kegiatan ekonomi adalah orang rasional yang berfikir pada suatu margin (keuntungan). Akan tetapi, BMT An-Najah Wiradesa Kabupaten Pekalongan mampu meningkatkan jumlah nasabah sisuqur tiap tahunnya. Meskipun secara rasional produk sisuqur tidak menhasilkan margin (keuntungan nyata bagi nasabah). Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu membahas tentang strategi. Kegunaan dalam penelitian ini ada dua, yaitu manfaat teoritis dan manfaat praktis. 
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, maka penulis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sumber data diperoleh melalui sumber data primer, dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan analisis data deskripif. Maka penulis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa data yang diperoleh dari interview langsung dengan Marketing, Manajer dan nasabah produk sisuqur KJKS BMT An-Najah Wiradesa Kabupaten Pekalongan.
Hasil penelitian KJKS BMT An-Najah dalam melakukan strateginya meningkatkan jumlah nasabah produk sisuqur yaitu menggunakan bauran pemasaran 7P+1 C, yaitu product, price, place, promotion, people, physical evidence, process, customer servise. Selain bauran pemasaran jasa tersebut, nasabah simpanan qurban (sisuqur) di KJKS BMT An-Najah hingga mencapai fase peiningkatan pada tahun 2015, menggunakan pelayanan jemput bola yang menimbulkan kepuasan nasabah serta strategi word to mouth hal tersebut,juga efektif dalam pencapaian peningkatan jumlah nasabah KJKS BMT An-Najah Wiradesa Kabupaten Pekalongan.</description><date>2016-10-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1437/1/1.%20Halaman%20judul.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1437/2/2.%20PERNYATAAN%20KEASLIAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1437/3/3.%20nota%20pembimbing.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1437/4/4.%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1437/5/7.ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1437/6/9.%20Daftar%20isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1437/7/14.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1437/8/15.%20Bab%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1437/9/16.BAB%20III%20%28Autosaved%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1437/10/17.%20Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1437/11/18.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1437/12/19.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Fitriyanti, Diah Irma (2016) STRATEGI PENINGKATAN JUMLAH NASABAH PADA PRODUK SIMPANAN QURBAN (SISUQUR) DI KJKS BMT AN NAJAH WIRADESA KABUPATEN PEKALONGAN. Diploma thesis, STAIN Pekalongan. </identifier><relation>http://www.stain-pekalongan.ac.id/</relation><recordID>1437</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Fitriyanti, Diah Irma |
title |
STRATEGI PENINGKATAN JUMLAH NASABAH PADA PRODUK SIMPANAN QURBAN (SISUQUR) DI KJKS BMT AN NAJAH WIRADESA KABUPATEN PEKALONGAN |
publishDate |
2016 |
topic |
150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
url |
http://repository.iainpekalongan.ac.id/1437/1/1.%20Halaman%20judul.pdf http://repository.iainpekalongan.ac.id/1437/2/2.%20PERNYATAAN%20KEASLIAN.pdf http://repository.iainpekalongan.ac.id/1437/3/3.%20nota%20pembimbing.pdf http://repository.iainpekalongan.ac.id/1437/4/4.%20PENGESAHAN.pdf http://repository.iainpekalongan.ac.id/1437/5/7.ABSTRAK.pdf http://repository.iainpekalongan.ac.id/1437/6/9.%20Daftar%20isi.pdf http://repository.iainpekalongan.ac.id/1437/7/14.%20BAB%20I.pdf http://repository.iainpekalongan.ac.id/1437/8/15.%20Bab%20II.pdf http://repository.iainpekalongan.ac.id/1437/9/16.BAB%20III%20%28Autosaved%29.pdf http://repository.iainpekalongan.ac.id/1437/10/17.%20Bab%204.pdf http://repository.iainpekalongan.ac.id/1437/11/18.%20BAB%20V.pdf http://repository.iainpekalongan.ac.id/1437/12/19.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpekalongan.ac.id/1437/ http://www.stain-pekalongan.ac.id/ |
contents |
Simpanan qurban (Sisuqur) merupakan simpanan pribadi yang penyetorannya setiap bulan atau setiap minggu sesuai perjanjian dengan nominal tertentu yang secara akumulatif bisa digunakan untuk membeli hewan qurban baik secara tunai atau dalam bentuk hewan qurban. Simpanan qurban (Sisuqur) termasuk kedalam simpanan yang berorientasi sosial. Artinya, yang merasakan manfaat secara langsung dari produk tersebut adalah orang lain (penerima qurban), sedangkan bagi orang yang berqurban lebih kepada manfaat secara batiniah, yaitu sebagai wujud ketaatan kepada perintah Allah. Salah satu prinsip ekonomi yang merupakan keputusan individu dalam melakukan kegiatan ekonomi adalah orang rasional yang berfikir pada suatu margin (keuntungan). Akan tetapi, BMT An-Najah Wiradesa Kabupaten Pekalongan mampu meningkatkan jumlah nasabah sisuqur tiap tahunnya. Meskipun secara rasional produk sisuqur tidak menhasilkan margin (keuntungan nyata bagi nasabah). Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu membahas tentang strategi. Kegunaan dalam penelitian ini ada dua, yaitu manfaat teoritis dan manfaat praktis.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, maka penulis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sumber data diperoleh melalui sumber data primer, dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan analisis data deskripif. Maka penulis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa data yang diperoleh dari interview langsung dengan Marketing, Manajer dan nasabah produk sisuqur KJKS BMT An-Najah Wiradesa Kabupaten Pekalongan.
Hasil penelitian KJKS BMT An-Najah dalam melakukan strateginya meningkatkan jumlah nasabah produk sisuqur yaitu menggunakan bauran pemasaran 7P+1 C, yaitu product, price, place, promotion, people, physical evidence, process, customer servise. Selain bauran pemasaran jasa tersebut, nasabah simpanan qurban (sisuqur) di KJKS BMT An-Najah hingga mencapai fase peiningkatan pada tahun 2015, menggunakan pelayanan jemput bola yang menimbulkan kepuasan nasabah serta strategi word to mouth hal tersebut,juga efektif dalam pencapaian peningkatan jumlah nasabah KJKS BMT An-Najah Wiradesa Kabupaten Pekalongan. |
id |
IOS2761.1437 |
institution |
IAIN Pekalongan |
institution_id |
324 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Pekalongan |
library_id |
236 |
collection |
STAIN Pekalongan Electronic Local Content |
repository_id |
2761 |
subject_area |
Agama Ekonomi Hukum |
city |
PEKALONGAN |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2761 |
first_indexed |
2017-07-10T07:21:26Z |
last_indexed |
2017-12-19T22:00:50Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765831030837608448 |
score |
17.538404 |