PENGARUH HALAL LITERACY,RELIGIUSITASDAN HALAL INVOLVEMENTTERHADAP KEPUTUSANPEMBELIAN PRODUK HALAL PADA MAHASISWA EKONOMI SYARIAHSTAIN PEKALONGAN TAHUN 2016
Daftar Isi:
- Tujuan awal kita berkonsumsi haruslah tetap berada dalam jalur syar’i. Hal tersebut dikarenakan norma Islam secara garis besar mengedepankan kehalalalan apa yang akan kita konsumsi. Keputusan membeli seseorang merupakan hasil suatu hubungan yang saling mempengaruhi dan rumit antara faktor- faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi. Pegetahuan mengenai makanan halal atau tidak, sangatlah penting bagi masyarakat umum terutama umat Islam dan sangat berpengaruh terhadap perilaku konsumen. Agama Islam sangat mengedepankan kehalalan barang yang akan dikonsumsi. Ketidakinginan masyarakat muslim untuk mengkonsumsi produk- produk haram akan meningkatkan keterlibatan yang lebih tinggi dalam proses pemilihan produk (high involvement). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh halal literacy, religiusitas, dan halal involvement terhadap keputusan pembelian produk halal, serta menguji apakah halal involvement memperkuat hubungan halal literacy dan religiusitas terhadap keputusan pembelian produk halal pada mahasiswa Ekonomi Syariah STAIN Pekalongan tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah angkatan 2012, 2013, dan 2014 STAIN Pekalongan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode stratified random sampling dengan jumlah sampel 92 responden. Data penelitian berasal dari kuesioner yang dibuat dengan menggunakan skala likert dan dianalisis dengan analisis regresi berganda menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Sementara dimensi waktu yang digunakan adalah cross sectional. Hasil penelitian menunjukan nilai t hitung halal literacy sebesar (2,816), religiusitas (3,415), dan halal involvement (2,375). Hasil t hitung > t tabel (1,987), dan signifikan pada (0,006, 0,001, 0,020). Artinya halal literacy, religiusitas, dan halal involvement berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian produk halal. Berdasarkan analisis regresi menggunakan MRA nilai signifikansi moderat 1 sebesar (0,001) dan moderat 2 sebesar 0,003 < 0,05 dengan nilai koefisien regresi masing-masing sebesar (-0,141)dan (-0,051). Keberadaan halal involvement memperlemah hubungan halal literacy dan religiusitas terhadap keputusan pembelian produk halal.