Daftar Isi:
  • Persaingan dunia bisnis semakin ketat terutama dalam usaha mempertahankan konsumen dari setiap perusahaan. PT HPA sebagai salah satu perusahaan penyedia jasa dalam memenuhi kebutuhan konsumen yang dalam hal ini bersentuhan dengan bidang Produk Herbal di Kota Pekalongan berupaya meningkatkan strategi untuk melihat sisi psikologis dari konsumen yang dipengaruhi oleh motivasi, persepsi, dan sikap konsumen. Kemampuan untuk memahami dan memaksimalkan sisi psikologis diharapkan dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Keputusan pembelian adalah proses merumuskan berbagai alternatif guna menjatuhkan pilihan untuk melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi perilaku konsumen (pada konsumen muslim produk Herbal HPA di Kota Pekalongan). Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Agen Stokis produk HPA di Kota Pekalongan dengan mengambil sampel 50 responden dari jumlah konsumen 359 dengan menggunakan accediental sampling. Responden dalam penelitian ini yaitu konsumen muslim yang menggunakan produk herbal HPA. Teknik analisis data dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) secara parsial motivasi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk herbal HPA dengan nilai thitung 0,471 < ttabel 1,67. (2) secara parsial persepsi berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk herbal HPA dengan nilai thitung 2,386 > ttabel 1,67. (3) secara parsial sikap berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk herbal HPA dengan nilai thitung 6,659 > ttabel 1,67. (5) Berdasarkan uji F di ketahui bahwa motivasi, persepsi dan sikap berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pada produk herbal HPA dengan nilai Fhitung 101.977 > Ftabel 2,81.