PENGARUH LABEL HALAL DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI MAHASISWAPROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH ANGKATAN 2014 STAIN PEKALONGAN
Daftar Isi:
- Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi dan menggunakan produk halal merupakan tantangan yang harus direspon oleh pemerintah dan pelaku usaha di Indonesia. Dengan adanya label halal konsumen muslim dapat memastikan produk mana saja yang boleh dikonsumsi. Konsumen diharapkan bisa teliti sebelum membeli. Label halal pada bungkus produk belum tentu menjamin kehalalan produk. Oleh karena itu, pelaku usaha seharusnya bisa melihat faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan membeli. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh produk berlabel halal dan religiusitas terhadap keputusan konsumen muslim dalam membeli. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan di STAIN Pekalongan, sifat studi korelasional, dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah label halal, religiusitas sebagai variabel independen, dan keputusan membeli sebagai variabel dependen. Populasi penelitian ini mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Angkatan 2014 STAIN Pekalongan sejumlah 483 diambil sebanyak 83 responden. Sampling yang digunakan adalah probability sampling, dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dibuat dengan skala likert dan dokumentasi. Analisis menggunakan regresi linear serta uji hipotesis yang digunakan adalah uji t,uji f dan uji koefisien Determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) label halal berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli ditunjukkan dengan t hitung 3,762> t tabel 1,989 (2) religiusitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli ditunjukkan dengan t hitung 2,282 > t tabel 1,989 dan nilai signifikansinya 0,025 < 0,05(3) berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa kedua variabel independen yang diteliti secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian (4) nilai adjusted R square sebesar 0,152, hal tersebut menunjukkan bahwa 15,2% variabel keputusan membeli dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen, sedangkan sisanya sebesar 84,8% dijelaskan oleh variabel lain diluar kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini.