ctrlnum 1345
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1345/</relation><title>PENGARUH LABEL HALAL DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI MAHASISWAPROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH ANGKATAN 2014&#xD; STAIN PEKALONGAN</title><creator>Amalia, Risqi</creator><subject>150501 Consumer-Oriented Product or Service Development</subject><subject>150504 Marketing Measurement</subject><description>Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi dan menggunakan produk halal merupakan tantangan yang harus direspon oleh pemerintah dan pelaku usaha di Indonesia. Dengan adanya label halal konsumen muslim dapat memastikan produk mana saja yang boleh dikonsumsi. Konsumen diharapkan bisa teliti sebelum membeli. Label halal pada bungkus produk belum tentu menjamin kehalalan produk. Oleh karena itu, pelaku usaha seharusnya bisa melihat faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan membeli. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh produk berlabel halal dan religiusitas terhadap keputusan konsumen muslim dalam membeli.&#xD; Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan di STAIN Pekalongan, sifat studi korelasional, dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah label halal, religiusitas sebagai variabel independen, dan keputusan membeli sebagai variabel dependen. Populasi penelitian ini mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Angkatan 2014 STAIN Pekalongan sejumlah 483 diambil sebanyak 83 responden. Sampling yang digunakan adalah probability sampling, dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dibuat dengan skala likert dan dokumentasi. Analisis menggunakan regresi linear serta uji hipotesis yang digunakan adalah uji t,uji f dan uji koefisien Determinasi (R2). &#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) label halal berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli ditunjukkan dengan t hitung 3,762&gt; t tabel 1,989 (2) religiusitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli ditunjukkan dengan t hitung 2,282 &gt; t tabel 1,989 dan nilai signifikansinya 0,025 &lt; 0,05(3) berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa kedua variabel independen yang diteliti secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian (4) nilai adjusted R square sebesar 0,152, hal tersebut menunjukkan bahwa 15,2% variabel keputusan membeli dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen, sedangkan sisanya sebesar 84,8% dijelaskan oleh variabel lain diluar kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini.</description><date>2016-11-24</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1345/1/1.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1345/2/2.SURAT%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1345/3/3.NOTA%20PEMBIMBING.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1345/4/4.PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1345/5/7.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1345/6/9.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1345/7/10.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1345/8/11.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1345/9/12.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1345/10/13.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1345/11/14.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1345/12/15.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Amalia, Risqi (2016) PENGARUH LABEL HALAL DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI MAHASISWAPROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH ANGKATAN 2014 STAIN PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan. </identifier><relation>http://www.stain-pekalongan.ac.id/</relation><recordID>1345</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Amalia, Risqi
title PENGARUH LABEL HALAL DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI MAHASISWAPROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH ANGKATAN 2014 STAIN PEKALONGAN
publishDate 2016
topic 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
150504 Marketing Measurement
url http://repository.iainpekalongan.ac.id/1345/1/1.%20COVER.pdf
http://repository.iainpekalongan.ac.id/1345/2/2.SURAT%20PERNYATAAN.pdf
http://repository.iainpekalongan.ac.id/1345/3/3.NOTA%20PEMBIMBING.pdf
http://repository.iainpekalongan.ac.id/1345/4/4.PENGESAHAN.pdf
http://repository.iainpekalongan.ac.id/1345/5/7.%20ABSTRAK.pdf
http://repository.iainpekalongan.ac.id/1345/6/9.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.iainpekalongan.ac.id/1345/7/10.%20BAB%20I.pdf
http://repository.iainpekalongan.ac.id/1345/8/11.%20BAB%20II.pdf
http://repository.iainpekalongan.ac.id/1345/9/12.%20BAB%20III.pdf
http://repository.iainpekalongan.ac.id/1345/10/13.%20BAB%20IV.pdf
http://repository.iainpekalongan.ac.id/1345/11/14.%20BAB%20V.pdf
http://repository.iainpekalongan.ac.id/1345/12/15.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpekalongan.ac.id/1345/
http://www.stain-pekalongan.ac.id/
contents Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi dan menggunakan produk halal merupakan tantangan yang harus direspon oleh pemerintah dan pelaku usaha di Indonesia. Dengan adanya label halal konsumen muslim dapat memastikan produk mana saja yang boleh dikonsumsi. Konsumen diharapkan bisa teliti sebelum membeli. Label halal pada bungkus produk belum tentu menjamin kehalalan produk. Oleh karena itu, pelaku usaha seharusnya bisa melihat faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan membeli. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh produk berlabel halal dan religiusitas terhadap keputusan konsumen muslim dalam membeli. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan di STAIN Pekalongan, sifat studi korelasional, dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah label halal, religiusitas sebagai variabel independen, dan keputusan membeli sebagai variabel dependen. Populasi penelitian ini mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Angkatan 2014 STAIN Pekalongan sejumlah 483 diambil sebanyak 83 responden. Sampling yang digunakan adalah probability sampling, dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dibuat dengan skala likert dan dokumentasi. Analisis menggunakan regresi linear serta uji hipotesis yang digunakan adalah uji t,uji f dan uji koefisien Determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) label halal berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli ditunjukkan dengan t hitung 3,762> t tabel 1,989 (2) religiusitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli ditunjukkan dengan t hitung 2,282 > t tabel 1,989 dan nilai signifikansinya 0,025 < 0,05(3) berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa kedua variabel independen yang diteliti secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian (4) nilai adjusted R square sebesar 0,152, hal tersebut menunjukkan bahwa 15,2% variabel keputusan membeli dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen, sedangkan sisanya sebesar 84,8% dijelaskan oleh variabel lain diluar kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
id IOS2761.1345
institution IAIN Pekalongan
institution_id 324
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Pekalongan
library_id 236
collection STAIN Pekalongan Electronic Local Content
repository_id 2761
subject_area Agama
Ekonomi
Hukum
city PEKALONGAN
province JAWA TENGAH
repoId IOS2761
first_indexed 2017-02-25T15:20:32Z
last_indexed 2017-07-10T07:21:25Z
recordtype dc
_version_ 1765831030351069184
score 17.538404