Daftar Isi:
  • Salah satu strategi bisnis yang dapat dilakukan oleh lembaga keuangan yaitu dengan menjalin hubungan keakraban kepada para nasabahnya agar tercipta relasi yang langgeng yang mampu berperan dalam meningkatkan loyalitas. Penerapan konsep keakraban ini juga bertujuan untuk mencapai kepuasan. Kepuasan yang terjadi secara terus-menerus dapat mewujudkan loyalitas nasabah.Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan mengkonfirmasi pengaruh keakraban dan kepuasan terhadap loyalitas nasabah produk simpanan idul fitri di BMT Matra Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatankuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berupa wawancara langsung dengan karyawan BMT Matra Pekalongan, sedangkan data sekundernya adalah buku, internet, dan dokumen yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.Penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner pada 100 nasabah simpanan idul fitri di BMT Matra Pekalongan yang diperoleh menggunakan teknik random sampling. Kemudian dilakukan analisis data yang diperoleh menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Thitung variabel keakraban (X1) sebesar 4,002> Ttabel sebesar 1,985 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Sedangkan nilai Thitung variabel kepuasan (X2) sebesar 5,239> Ttabel sebesar 1,985 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05.Kemudian melalui uji F menunjukkan bahwa variabel keakraban dan kepuasan secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai Fhitung sebesar 73,064> Ftabel3,09 dan nilai signifikansi 0,000< 0,05.Nilair square sebesar 0,601 menunjukkan bahwa60,1% variabel loyalitas nasabah dapat dijelaskan melalui kedua variabel independen dalam persamaan regresi sedangkan sisanya 39,9% dijelaskan oleh variabel lain di luar kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini.