PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH (STUDI KASUS PRODUK TABUNGAN SUKARELA KOPERASI PEMUDA BUANA “KOPENA” PEKALONGAN)
Daftar Isi:
- Secara umum tingkat kepuasan nasabah tergantung pada kualitas pelayanan yang diterima nasabah. Selain itu kepuasan nasabah juga ditentukan oleh beberapa hal diantaranya kualitas produk dan promosi. Kualitas produk jasa perbankan dapat mempengaruhi persepsi serta kepuasan nasabah. Dan dalam setiap kegiatan promosi yang dilakukan oleh lembaga keuangan, nasabah dapat mengenal dan mengetahui produk-produk jasa yang ditawarkan. Dengan demikian strategi pemasaran yang berorientasi pada nasabah, membuat perusahaan harus memahami dan memenuhi baik perilaku maupun kebutuhan nasabah untuk mencapai kepuasan nasabah. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berupa observasi dan membagikan kuesioner pada nasabah KOPENA Pekalongan, sedangkan data sekundernya adalah buku, internet dan dokumen yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dengan menggunakan skala likert dan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling sebanyak 99 sampel. Kemudian dilakukan analisis data yang diperoleh menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Thitung variabel kualitas pelayanan (X1) sebesar 4,006 > Ttabel sebesar 1,66 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Sedangkan nilai Thitung variabel kualitas produk (X2) sebesar 2,887 > Ttabel sebesar 1,66 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,005 lebih kecil dari 0,05 dan nilai Thitung variabel promosi (X3) sebesar 1,516 < Ttabel sebesar 1,66 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,133 lebih besar dari 0,05. Kemudian melalui uji F menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan, kualitas produk dan promosi secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai Fhitung sebesar 32,548 > Ftabel 2,70 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai adjusted r square sebesar 0,491 menunjukkan bahwa 49,1% variabel kepuasan nasabah dapat dijelaskan melalui ketiga variabel independen dalam persamaan regresi sedangkan sisanya 50,9% dijelaskan oleh variabel lain di luar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.