Analisis miskonsepsi peserta didik dengan menggunakan metode certainty of response index (CRI) termodifikasi pada konsep stoikiometri di SMA Negeri 5 Semarang

Main Author: Damayanti, Emilia Tanjung
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7841/1/PDF.LENGKAP.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7841/
ctrlnum 7841
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7841/</relation><title>Analisis miskonsepsi peserta didik dengan menggunakan metode certainty of response index (CRI) termodifikasi pada konsep stoikiometri di SMA Negeri 5 Semarang</title><creator>Damayanti, Emilia Tanjung</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><subject>540 Chemistry and allied sciences</subject><description>pembelajaran kimia materi stoikiometri sulit dipahami dan&#xD; sering terjadi miskonsepsi. Jika miskonsepsi tersebut tidak&#xD; dikoreksi atau dilakukan perbaikan maka mengakibatkan konsep&#xD; kimia selanjutnya akan berpeluang mengakibatkan miskonsepsi&#xD; juga. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengidentifikasi&#xD; miskonsepsi yang dialami peserta didik SMA kelas X dalam materi&#xD; stoikiometri. Sampel penelitian adalah 31 peserta didik kelas X&#xD; IPA 8 SMA Negeri 5 Semarang tahun ajaran 2016/2017 yang telah&#xD; memperoleh materi stoikiometri. Tes yang digunakan adalah tes&#xD; diagnostik berbentuk pilihan ganda beralasan dan disertai kolom&#xD; tingkat keyakinan (CRI). Miskonsepsi peserta didik diidentifikasi&#xD; menggunakan metode CRI termodifikasi. Selain itu, dilakukan&#xD; wawancara untuk mengetahui miskonsepsi peserta didik lebih&#xD; dalam. Wawancara dilakukan pada 9 peserta didik yang&#xD; mempunyai skor yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan&#xD; bahwa persentase rata-rata peserta didik mengalami miskonsepsi&#xD; sebesar 17,25 %. Miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik&#xD; yaitu pada konsep massa atom relatif, persamaan reaksi, hukum&#xD; Lavoisier, hukum Proust, hukum Dalton, hukum Gay-Lussac,&#xD; rumus molekul, volume gas pada keadaan STP, dan pereaksi&#xD; pembatas. Jenis miskonsepsi baru yang ditemukan penulis yaitu&#xD; peserta didik memahami bahwa massa molekul relatif senyawa&#xD; hidrat adalah hasil kali antara massa molekul relatif senyawa&#xD; dengan massa molekul relatif air hidratnya. Analisis miskonsepsi&#xD; menggunakan metode CRI termodifikasi perlu adanya wawancara&#xD; mendalam (depth-interview) untuk memastikan seorang peserta&#xD; didik benar-benar paham, tidak paham, atau mengalami&#xD; miskonsepsi.</description><date>2017-06-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7841/1/PDF.LENGKAP.pdf</identifier><identifier> Damayanti, Emilia Tanjung (2017) Analisis miskonsepsi peserta didik dengan menggunakan metode certainty of response index (CRI) termodifikasi pada konsep stoikiometri di SMA Negeri 5 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo. </identifier><recordID>7841</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Damayanti, Emilia Tanjung
title Analisis miskonsepsi peserta didik dengan menggunakan metode certainty of response index (CRI) termodifikasi pada konsep stoikiometri di SMA Negeri 5 Semarang
publishDate 2017
topic 371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
540 Chemistry and allied sciences
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7841/1/PDF.LENGKAP.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7841/
contents pembelajaran kimia materi stoikiometri sulit dipahami dan sering terjadi miskonsepsi. Jika miskonsepsi tersebut tidak dikoreksi atau dilakukan perbaikan maka mengakibatkan konsep kimia selanjutnya akan berpeluang mengakibatkan miskonsepsi juga. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang dialami peserta didik SMA kelas X dalam materi stoikiometri. Sampel penelitian adalah 31 peserta didik kelas X IPA 8 SMA Negeri 5 Semarang tahun ajaran 2016/2017 yang telah memperoleh materi stoikiometri. Tes yang digunakan adalah tes diagnostik berbentuk pilihan ganda beralasan dan disertai kolom tingkat keyakinan (CRI). Miskonsepsi peserta didik diidentifikasi menggunakan metode CRI termodifikasi. Selain itu, dilakukan wawancara untuk mengetahui miskonsepsi peserta didik lebih dalam. Wawancara dilakukan pada 9 peserta didik yang mempunyai skor yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata peserta didik mengalami miskonsepsi sebesar 17,25 %. Miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik yaitu pada konsep massa atom relatif, persamaan reaksi, hukum Lavoisier, hukum Proust, hukum Dalton, hukum Gay-Lussac, rumus molekul, volume gas pada keadaan STP, dan pereaksi pembatas. Jenis miskonsepsi baru yang ditemukan penulis yaitu peserta didik memahami bahwa massa molekul relatif senyawa hidrat adalah hasil kali antara massa molekul relatif senyawa dengan massa molekul relatif air hidratnya. Analisis miskonsepsi menggunakan metode CRI termodifikasi perlu adanya wawancara mendalam (depth-interview) untuk memastikan seorang peserta didik benar-benar paham, tidak paham, atau mengalami miskonsepsi.
id IOS2754.7841
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2018-05-31T23:06:08Z
last_indexed 2022-09-12T06:34:48Z
recordtype dc
_version_ 1765821514708418560
score 17.538404