ctrlnum 6750
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6750/</relation><title>Hubungan persepsi siswa tentang intensitas bimbingan membaca Al-Qur&#x2019;an oleh guru dengan kemampuan membaca Al-Qur&#x2019;an peserta didik kelas IV MI Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2015/2016</title><creator>Sa'adah, Ana</creator><subject>297.1224 Recitation and Reading</subject><subject>297.77 Islamic religious education</subject><description>Bimbingan membaca al-Qur&#x201F;an sangat dibutuhkan oleh peserta didik. Seorang guru dapat mengarahkan, mengajari peserta didik membaca al-Qur&#x201F;an dengan memperhatikan makhraj, tajwid dan tanda waqaf yang sesuai dengan kaidah ketentuan membaca al-Qur&#x201F;an, sehingga peserta didik mampu mengembangkan kemampuannya dalam membaca al-Qur&#x201F;an yaitu dapat membacanya dengan baik, benar, lancar dan juga fasih. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dan membahasnya dalam bentuk skripsi yang berjudul &#x201C;Hubungan Persepsi Siswa tentang Intensitas Bimbingan Membaca al-Qur&#x201F;an oleh Guru dengan Kemampuan Membaca al-Qur&#x201F;an Peserta Didik Kelas IV MI Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2015/2016&#x201D;.&#xD; Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui adakah Hubungan Persepsi Siswa tentang Intensitas Bimbingan Membaca al-Qur&#x201F;an oleh Guru dengan kemampuan membaca al-Qur&#x201F;an peserta didik kelas IV MI Gondang. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah seberapa besar hubungan intensitas bimbingan membaca al-Qur&#x201F;an oleh guru dengan kemampuan membaca al-Qur&#x201F;an peserta didik kelas IV MI Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2015/2016?&#xD; Sampel dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas IV MI Gondang yang berjumlah 31 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket atau kuesioner, tes dan dokumentasi.&#xD; vi&#xD; Kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi product moment.&#xD; Berdasarkan hasil analisis statistik diperoleh sebesar 0,465 yang selanjutnya dikonsultasikan dengan pada taraf signifikansi 5% dengan N=31 adalah 0,355. Dapat diartikan &gt; dan menunjukkan bahwa hubungan tersebut masuk pada kriteria sedang yaitu pada interval koefisien 0,400-0,599. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara variabel x dengan variabel y. Langkah selanjutnya melihat signifikansi koefisien korelasi dengan uji t. Berdasarkan hasil uji t diperoleh sebesar 2,828 yang dikonsultasikan dengan 1,699. Dapat ditarik kesimpulan &gt; , yang artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang intensitas bimbingan membaca al-Qur&#x201F;an oleh guru dengan kemampuan membaca al-Qur&#x201F;an peserta didik kelas IV MI Gondang kecamatan Wonopringgo kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2015/ 2016. Maka dengan demikian ditolak dan diterima.</description><date>2016-11-29</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6750/1/cover_dll.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6750/2/BAB%20I%20revisi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6750/3/BAB%20II%20revisi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6750/4/BAB%20III%20revisi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6750/5/BAB%20IV%20revisi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6750/6/BAB%20V%20revisi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6750/7/Daftar%20Pustaka%20revisi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6750/8/lampiran%20belakang%20revisi.pdf</identifier><identifier> Sa'adah, Ana (2016) Hubungan persepsi siswa tentang intensitas bimbingan membaca Al-Qur&#x2019;an oleh guru dengan kemampuan membaca Al-Qur&#x2019;an peserta didik kelas IV MI Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo. </identifier><recordID>6750</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sa'adah, Ana
title Hubungan persepsi siswa tentang intensitas bimbingan membaca Al-Qur’an oleh guru dengan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas IV MI Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2015/2016
publishDate 2016
topic 297.1224 Recitation and Reading
297.77 Islamic religious education
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6750/1/cover_dll.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6750/2/BAB%20I%20revisi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6750/3/BAB%20II%20revisi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6750/4/BAB%20III%20revisi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6750/5/BAB%20IV%20revisi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6750/6/BAB%20V%20revisi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6750/7/Daftar%20Pustaka%20revisi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6750/8/lampiran%20belakang%20revisi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6750/
contents Bimbingan membaca al-Qur‟an sangat dibutuhkan oleh peserta didik. Seorang guru dapat mengarahkan, mengajari peserta didik membaca al-Qur‟an dengan memperhatikan makhraj, tajwid dan tanda waqaf yang sesuai dengan kaidah ketentuan membaca al-Qur‟an, sehingga peserta didik mampu mengembangkan kemampuannya dalam membaca al-Qur‟an yaitu dapat membacanya dengan baik, benar, lancar dan juga fasih. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dan membahasnya dalam bentuk skripsi yang berjudul “Hubungan Persepsi Siswa tentang Intensitas Bimbingan Membaca al-Qur‟an oleh Guru dengan Kemampuan Membaca al-Qur‟an Peserta Didik Kelas IV MI Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2015/2016”. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui adakah Hubungan Persepsi Siswa tentang Intensitas Bimbingan Membaca al-Qur‟an oleh Guru dengan kemampuan membaca al-Qur‟an peserta didik kelas IV MI Gondang. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah seberapa besar hubungan intensitas bimbingan membaca al-Qur‟an oleh guru dengan kemampuan membaca al-Qur‟an peserta didik kelas IV MI Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2015/2016? Sampel dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas IV MI Gondang yang berjumlah 31 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket atau kuesioner, tes dan dokumentasi. vi Kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis statistik diperoleh sebesar 0,465 yang selanjutnya dikonsultasikan dengan pada taraf signifikansi 5% dengan N=31 adalah 0,355. Dapat diartikan > dan menunjukkan bahwa hubungan tersebut masuk pada kriteria sedang yaitu pada interval koefisien 0,400-0,599. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara variabel x dengan variabel y. Langkah selanjutnya melihat signifikansi koefisien korelasi dengan uji t. Berdasarkan hasil uji t diperoleh sebesar 2,828 yang dikonsultasikan dengan 1,699. Dapat ditarik kesimpulan > , yang artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang intensitas bimbingan membaca al-Qur‟an oleh guru dengan kemampuan membaca al-Qur‟an peserta didik kelas IV MI Gondang kecamatan Wonopringgo kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2015/ 2016. Maka dengan demikian ditolak dan diterima.
id IOS2754.6750
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2017-07-10T07:19:35Z
last_indexed 2022-09-12T06:34:27Z
recordtype dc
_version_ 1765821507749019648
score 17.538404