Pengaruh label halal dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen (studi kasus di Tahu Baxo Ibu Pudji Ungaran)

Main Author: Latifah, Neli
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5501/1/112411083.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5501/
Daftar Isi:
  • Banyaknya produk makanan yang beredar di pasaran saat ini, tidak semuanya berkualitas tinggi dan hanya sebagian yang berlabel halal. Hal ini meyebabkan keresahan bagi masyarakat muslim, karena di dalam ajaran Islam umat Islam diwajibkan untuk mengkonsumsi makanan yang halal dan baik. TAHUBAXO Ibu Pudji Ungaran merupakan produsen tahu bakso yang paling terkenal di Ungaran dan sudah terjamin kualitas produknya serta telah memperoleh sertifikat halal dari MUI tahun 2013. Dengan fenomena tersebut mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Label Halal dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus di TAHUBAXO Ibu Pudji Ungaran)”. Rumusan masalahnya adalah a) apakah label halal secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan konsumen TAHUBAXO Ibu Pudji Ungaran, b) apakah kualitas produk secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan konsumen TAHUBAXO Ibu Pudji Ungaran, dan c) apakah label halal dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen TAHUBAXO Ibu Pudji Ungaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh label halal dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen di TAHUBAXO Ibu Pudji Ungaran. Setelah penelitian ini dilakukan, diharapkan akan memberikan manfaat bagi beberapa pihak, di antaranya adalah sebagai acuan bagi para pelaku bisnis dalam penerapan hukum Islam dan mengembangkan kualitas produk khususnya menyangkut makanan dan minuman yang berlabel halal. Populasi penelitian ini adalah konsumen di TAHUBAXO Ibu Pudji Ungaran. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 responden, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan metode pengambilan nonprobability sampling. Metode pengumpulan data yaitu dengan metode kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Dan untuk variabel yang diteliti adalah label halal dan kualitas produk sebagai variabel bebas dan kepuasan konsumen sebagai variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung dari masing-masing variabel bebas adalah 2,185 untuk label halal dan 6,476 untuk kualitas produk. Sedangkan nilai ttabel adalah 1,668 yang lebih kecil dibanding thitung. Artinya, ada pengaruh yang signifikan antara label halal (X1) dan kualitas produk (X2) terhadap kepuasan konsumen (Y). Sedangkan dari hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,744, ini artinya bahwa variasi perubahan variabel kepuasan konsumen (Y) dipengaruhi oleh variabel bebas label halal (X1) dan kualitas produk (X2) sebesar 74,4%. Sedangkan sisanya 25,6% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.