Persepsi konsumen muslim terhadap sertifikat halal (studi kasus pada PT. Rocket Chicken Indonesia Cabang Boja Kendal)
Main Author: | Wahyuni, Meika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5443/1/112411046.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5443/ |
Daftar Isi:
- Selama penulis bekerja di Rocket Chicken hanya sebagian konsumen muslim yang mempertanyakan jaminan halal. Akan tetapi justru pada masyarakat tidak mempermasalahkan sertifikat halal tersebut. Berdasarkan perilaku konsumen muslim tersebut penulis berfikir bahwa mayoritas konsumen muslim berpersepsi bahwa sertifikat halal tidak penting, padahal sebagai konsumen muslim yang jeli seseorang harus selektif dalam memilih makanan di luar rumah apakah sudah benar-benar halal. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apa persepsi konsumen muslim di PT Rocket Chicken Indonesia Cabang Boja Kendal terhadap pentingnya sertifikat halal?”, konsumen muslim dianggap berpersepsi penting terhadap adanya sertifikat halal apabila mengetahui fungsi dan keberadaan sertifikat halal pada perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Jenis penelitian adalah penelitian lapangan dengan pendekatan antropologis, menggunakan metode analisis deskriptif dengan teknik pengambilan sampel secara purposive karena peneliti mengambil informan dengan pertimbangan bahwa informan tersebut mewakili suara konsumen muslim lain yang berprofesi sama. Hasil wawancara tersebut telah peneliti analisis dan mendapatkan kesimpulan, yaitu pertama, sebanyak 10 informan (31,25%) berpersepsi (menganggap) bahwa sertifikat halal itu penting. Kedua, sebanyak 22 informan (68,75%) berpersepsi (menganggap) bahwa sertifikat halal itu tidak penting.