Penerapan metode pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa MAN 1 Pekalongan pada materi larutan penyangga

Main Author: Maftuha, Siti Aini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5293/1/093511035.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5293/
ctrlnum 5293
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5293/</relation><title>Penerapan metode pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa MAN 1 Pekalongan pada materi larutan penyangga</title><creator>Maftuha, Siti Aini</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><subject>542 Techniques, procedures, equipment, materials</subject><description>Penerapan metode Team Assisted Individualization (TAI) merupakan salah satu alternatif untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Karena kesulitan pemahaman materi yang dialami dapat dipecahkan bersama dengan &#xD; ketua kelompok yang mempunyai pengetahuan yang lebih. Pengajaran TAI menitikberatkan pada kemampuan interaksi sosial yang baik antara semua komponen pengajaran sehingga siswa lebih mudah memahami pelajaran kimia materi pokok stoikiometri. &#xD; Hasil observasi secara langsung di kelas XI IPA 1, diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan pada materi pokok larutan penyangga (buffer), dikarenakan metode yang digunakan oleh guru cenderung terjadi komunikasi satu arah, sehingga materi pokok larutan penyangga (buffer) belum mencapai KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal ). &#xD; Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI dengan diterapkan metode Team Assisted Individualization (TAI) Materi Pokok larutan penyangga (buffer), Pada Siswa Kelas XI IPA 1 di MAN 1 Pekalongan. &#xD; Dalam penelitian ini peneliti menggunakan satu kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai subjek penelitian untuk menerapkan metode Team Assisted Individualization (TAI) yang jumlahnya 22 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil belajar dikatakan tuntas apabila kelas tersebut mencapai ketuntasan individual mencapai 73 dan ketuntasan klasikal tercapai apabila 85% dari seluruh siswa dalam satu kelas memperoleh nilai &#x2265; 73. Rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 73,9, pada pra siklus sebesar 69,9 dan ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 72,7%, pada pra siklus sebesar 50%. Dilihat dari indikator keberhasilan, siklus I belum berhasil dan perlu perbaikan pada siklus II. Pada siklus II mengalami peningkatan. &#xD; Rata-rata hasil belajar pada siklus II sebesar 81,8 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 91 %. Menurut hasil belajar pada siklus II penelitian ini sudah berhasil. &#xD; Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Team Assisted Individualization (TAI) pada materi pokok larutan penyangga (buffer) siswa kelas Kelas XI IPA 1 di MAN 1 Pekalongan.</description><date>2014-06-11</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5293/1/093511035.pdf</identifier><identifier> Maftuha, Siti Aini (2014) Penerapan metode pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa MAN 1 Pekalongan pada materi larutan penyangga. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo. </identifier><recordID>5293</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Maftuha, Siti Aini
title Penerapan metode pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa MAN 1 Pekalongan pada materi larutan penyangga
publishDate 2014
topic 371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
542 Techniques
procedures
equipment
materials
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5293/1/093511035.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5293/
contents Penerapan metode Team Assisted Individualization (TAI) merupakan salah satu alternatif untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Karena kesulitan pemahaman materi yang dialami dapat dipecahkan bersama dengan ketua kelompok yang mempunyai pengetahuan yang lebih. Pengajaran TAI menitikberatkan pada kemampuan interaksi sosial yang baik antara semua komponen pengajaran sehingga siswa lebih mudah memahami pelajaran kimia materi pokok stoikiometri. Hasil observasi secara langsung di kelas XI IPA 1, diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan pada materi pokok larutan penyangga (buffer), dikarenakan metode yang digunakan oleh guru cenderung terjadi komunikasi satu arah, sehingga materi pokok larutan penyangga (buffer) belum mencapai KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal ). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI dengan diterapkan metode Team Assisted Individualization (TAI) Materi Pokok larutan penyangga (buffer), Pada Siswa Kelas XI IPA 1 di MAN 1 Pekalongan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan satu kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai subjek penelitian untuk menerapkan metode Team Assisted Individualization (TAI) yang jumlahnya 22 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil belajar dikatakan tuntas apabila kelas tersebut mencapai ketuntasan individual mencapai 73 dan ketuntasan klasikal tercapai apabila 85% dari seluruh siswa dalam satu kelas memperoleh nilai ≥ 73. Rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 73,9, pada pra siklus sebesar 69,9 dan ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 72,7%, pada pra siklus sebesar 50%. Dilihat dari indikator keberhasilan, siklus I belum berhasil dan perlu perbaikan pada siklus II. Pada siklus II mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar pada siklus II sebesar 81,8 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 91 %. Menurut hasil belajar pada siklus II penelitian ini sudah berhasil. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Team Assisted Individualization (TAI) pada materi pokok larutan penyangga (buffer) siswa kelas Kelas XI IPA 1 di MAN 1 Pekalongan.
id IOS2754.5293
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:49:41Z
last_indexed 2022-09-12T06:34:01Z
recordtype dc
_version_ 1765821498341195776
score 17.538404