Daftar Isi:
  • Mengingat semakin ketatnya persaingan bisnis sekarang ini, banyak perusahaan dalam melakukan kegiatan pemasarannya menyimpang dari prinsip syari’ah hanya untuk memuaskan pelanggan agar mereka tidak beralih ke tempat lain. Yang terjadi di KJKS Binama Semarang dalam perkembangan jumlah nasabah mengalami peningkatan diduga adanya kepuasan nasabah, permasalahan disini adalah apa yang menyebabkan terjadinya peningkatan jumlah nasabah dan apakah kepuasan nasabah dapat dipengaruhi oleh pelayanan marketing dan customer service. Oleh karena itu dengan adanya fenomena inilah yang mendorong untuk melakukan penelitian dengan judul “pengaruh pelayanan marketing dan pelayanan customer service terhadap kepuasan anggota KJKS Binama Semarang”. Berdasarkan uraian tersebut maka permasalahan yang timbul adalah adakah pengaruh marketing dan customer service terhadap kepuasan anggota KJKS Binama Semarang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh marketing dan customer service terhadap kepuasan anggota pada KJKS Binama Semarang. Populasi penelitian ini adalah semua anggota KJKS Binama Semarang. Pengambilan sempel yang berjumlah 100 orang. Sehubungan dengan jumlah sampel 100 responden hasil data tidak reliabel, maka peneliti mengurangi jumlah sampel yaitu sebesar 91 sampel. Metode yang digunakan adalah sempel random sampling, teknik analisa yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Dari hasil perhitungan secara simultan diperoleh F hitung sebesar 5,504 dengan tingkat probalitas 0.006 yang dibawah alpha 5% atau 0,05 yang berarti hipotesis ada pengaruh bahwa marketing dan customer service terhadap kepuasan nasabah. Sedangkan hasil uji parsial diperoleh hasil untuk marketing t hitung 0,532 < t tabel 1,662, sedangkan customer service t hitung 2,937 > t tabel 1,662 yang berarti secara parsial marketing tidak signifikan dan customer service signifikan. Berdasarkan pada penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi KJKS Binama Semarang yaitu dapat menjadi pertimbangan baik secara langsung maupun tidak langsung untuk meningkatkan kinerja pelayanan marketing dan pelayanan customer service agar kepuasan anggota terpenuhi