ctrlnum 3611
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3611/</relation><title>Pengaruh pencantuman label halal terhadap keputusan pembelian kopi &#x201C;Luwak White Koffie&#x201D; pada mahasiswa Fakultas Syari&#x2019;ah dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Walisongo Semarang</title><creator>Awantary, Dwi Merdeka</creator><subject>297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq)</subject><description>Ketatnya persaingan bisnis industri makanan menuntut perusahaan untuk lebih mengetahui hak-hak konsumen yaitu, meningkatkan produk-produk makanan yang bermutu dan aman. Salah satu hak konsumen adalah adanya informasi label halal pada produk makanan dalam kemasan. Label halal sangat dibutuhkan bagi konsumen muslim yang berada di negara Indonesia khususnya dan bagi negara muslim lain yang ada di seluruh dunia. Umat muslim mempunyai kebutuhan khusus sesuai syari&#x2019;at Islam untuk memakan makanan yang halal dan thayyib tetapi hal tersebut tidak semudah zaman dulu yang belum ada perkembangan teknologi canggih, oleh karena itu untuk memudahkan memakan makanan yang halal dengan mengetahui adanya label halal pada kemasan produk tersebut.&#xD; Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Syari&#x2019;ah dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Walisongo Semarang. Adapun variabel yang diteliti meliputi label halal sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian produk kopi &#x201C;Luwak White Koffie&#x201D; sebagai variabel terikat. Data diperoleh melalui pihak akademisi Fakultas Syari&#x2019;ah dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) berupa dokumentasi dan data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana. &#xD; Jenis penelitian adalah survey mengguanakan pendekatan deskriptif analisis. Jumlah sampel yang diambil &gt;96 tepatnya 100 sampel dari 2.515 populasi, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling.Teknik pengumpulan data dengan metode kuesioner atau angket, Dokumentasi dan Observasi. Pengujian instrument menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Sedangkan metode analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan uji F dan uji t.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden mengetahui label halal, secara umum dapat dikatakan bahwa pemahaman dan kepedulian konsumen terhadap label halal kopi &#x201C;Luwak White Koffie&#x201D; tergolong tinggi dikarenakan mayoritas responden member jawaban &#x201C;sangat setuju&#x201D; dan &#x201C; setuju&#x201D;. Kemudian hasil penelitian juga menunjukkan bahwa nilai t hitung adalah 9,042, sedangkan nilai t tabel adalah 1,9845 yang lebih kecil dibanding dengan t hitung (t hitung &gt; t tabel). Artinya, ada pengaruh signifikan antara variabel label halal (X) terhadap keputusan pembelian (Y). Sedangkan dari hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,455, ini artinya bahwa variasi perubahan variabel keputusan konsumen (Y) dipengaruhi oleh perubahan variabel bebas labelisasi halal (X) sebesar 45%. Sedangkan sisanya 55% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.</description><date>2014-07-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3611/1/102411040_Coverdll.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3611/2/102411040_Bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3611/3/102411040_Bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3611/4/102411040_Bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3611/5/102411040_Bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3611/6/102411040_Bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3611/7/102411040_Bibliografi.pdf</identifier><identifier> Awantary, Dwi Merdeka (2014) Pengaruh pencantuman label halal terhadap keputusan pembelian kopi &#x201C;Luwak White Koffie&#x201D; pada mahasiswa Fakultas Syari&#x2019;ah dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>3611</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Awantary, Dwi Merdeka
title Pengaruh pencantuman label halal terhadap keputusan pembelian kopi “Luwak White Koffie” pada mahasiswa Fakultas Syari’ah dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Walisongo Semarang
publishDate 2014
topic 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food
Syirik
Munafiq)
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3611/1/102411040_Coverdll.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3611/2/102411040_Bab1.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3611/3/102411040_Bab2.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3611/4/102411040_Bab3.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3611/5/102411040_Bab4.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3611/6/102411040_Bab5.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3611/7/102411040_Bibliografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3611/
contents Ketatnya persaingan bisnis industri makanan menuntut perusahaan untuk lebih mengetahui hak-hak konsumen yaitu, meningkatkan produk-produk makanan yang bermutu dan aman. Salah satu hak konsumen adalah adanya informasi label halal pada produk makanan dalam kemasan. Label halal sangat dibutuhkan bagi konsumen muslim yang berada di negara Indonesia khususnya dan bagi negara muslim lain yang ada di seluruh dunia. Umat muslim mempunyai kebutuhan khusus sesuai syari’at Islam untuk memakan makanan yang halal dan thayyib tetapi hal tersebut tidak semudah zaman dulu yang belum ada perkembangan teknologi canggih, oleh karena itu untuk memudahkan memakan makanan yang halal dengan mengetahui adanya label halal pada kemasan produk tersebut. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Syari’ah dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Walisongo Semarang. Adapun variabel yang diteliti meliputi label halal sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian produk kopi “Luwak White Koffie” sebagai variabel terikat. Data diperoleh melalui pihak akademisi Fakultas Syari’ah dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) berupa dokumentasi dan data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana. Jenis penelitian adalah survey mengguanakan pendekatan deskriptif analisis. Jumlah sampel yang diambil >96 tepatnya 100 sampel dari 2.515 populasi, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling.Teknik pengumpulan data dengan metode kuesioner atau angket, Dokumentasi dan Observasi. Pengujian instrument menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Sedangkan metode analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan uji F dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden mengetahui label halal, secara umum dapat dikatakan bahwa pemahaman dan kepedulian konsumen terhadap label halal kopi “Luwak White Koffie” tergolong tinggi dikarenakan mayoritas responden member jawaban “sangat setuju” dan “ setuju”. Kemudian hasil penelitian juga menunjukkan bahwa nilai t hitung adalah 9,042, sedangkan nilai t tabel adalah 1,9845 yang lebih kecil dibanding dengan t hitung (t hitung > t tabel). Artinya, ada pengaruh signifikan antara variabel label halal (X) terhadap keputusan pembelian (Y). Sedangkan dari hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,455, ini artinya bahwa variasi perubahan variabel keputusan konsumen (Y) dipengaruhi oleh perubahan variabel bebas labelisasi halal (X) sebesar 45%. Sedangkan sisanya 55% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.
id IOS2754.3611
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:48:50Z
last_indexed 2022-09-12T06:33:33Z
recordtype dc
_version_ 1765821488205660160
score 17.538404