Daftar Isi:
  • Toko Busana Muslim mengalami pertumbuhan yang semakin pesat di Kaliwungu,Kendal. Salah satu toko busana muslim yang cukup berkembang adalah Kisa’. Konsumen atau pembeli tidak hanya berasal dari kota Kendal saja tetapi juga berasal dari berbagai kota disekitarnya Fenomena inilah yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dengan judul “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslim. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen terhadap keputusan pembelian busana muslim di Toko Kisa’. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi terhadap keputusan pembelian busana muslim di Toko Kisa’Kaliwungu. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field ressearch) yakni pengamatan langsung ke objek yang diteliti guna mendapatkan data yang relevan. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang berasal dari kuesioner yang penulis berikan kepada konsumen busana muslim di Toko Kisa’, sedangkan data sekunder berasal dari dokumen berupa sejarah berdirinya Toko Kisa’, produk, pemasaran dan dokumentasi dari buku-buku. Metode analisis yang digunakan adalah uji instrumen pertanyaan dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda serta uji hipotesis dengan uji parsial (uji t), uji simultan (uji f), dan koefisien determinasi. Dari hasil penelitian, uji validitas semua item pertanyaan valid, uji reliabilias semua variabel reliabel. Koefisien regresi variabel faktor budaya atau X1 sebesar -.038. faktor sosial atau X2 sebesar -.051. faktor pribadi atau X3 sebesar 0,245. faktor psikologi atau X4 sebesar 0,347 yang berarti secara partial faktor pribadi dan faktor psikologi dinyatakan signifikan sedangkan faktor budaya dan faktor sosial tidak signifikan karena nilai signifikannya diatas 0.05. Nilai Adjusted R Square (R2) adalah 0,286. Hal ini berarti bahwa 28,6% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologi. Sedangkan sisanya sebesar 71,4% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Nilai F hitung sebesar 10,421 dan signifikan pada 0,000 < dari α = 0.05 yang berarti variabel independen faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologi secara bersama-sama atau simultan mempengaruhi keputusan pembelian busana muslim di toko kisa’ diterima.