Pengaruh persepsi, motivasi, pemberian bonus dan label syariah terhadap keputusan menjalankan bisnis multi level marketing syariah studi kasus pada Tiens Syariah Semarang
Main Author: | Azizah, Ismi Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13351/1/SKRIPSI_1605026043_ISMI_NUR_AZIZAH.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13351/ |
Daftar Isi:
- Pengangguran merupakan masalah sosial yang dialami oleh negara dengan perekonomian maju maupun berkembang, seperti Indonesia. Upaya untuk mengatasi pengangguran dan minimnya lapangan kerja menjadi motivasi masyarakat untuk memilih berbisnis sebagai pekerjaan sampingan. Salah satu bisnis yang berkembang cepat di Indonesia adalah bisnis multi level marketing syariah dengan perusahaan bernama Tiens syariah. Hal ini menjadi sebuah isu yang menarik untuk diteliti mengenai faktor apa saja yang memicu seseorang dalam memilih menjalankan bisnis multi level marketing syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh persepsi, motivasi, pemberian bonus dan label syariah terhadap keputusan menjalankan bisnis multi level marketing syariah. Untuk menyelesaikan persoalaan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, maka metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Hasil penelitian ini sebagai berikut: Pertama, variabel persepsi berpengaruh positif terhadap keputusan berbisnis. Artinya bahwa semakin positif seseorang dalam mempersepsi bisnis maka berpengaruh terhadap keputusan berbisnis. Kedua, variabel motivasi berpengaruh positif terhadap keputusan berbisnis, semakin tinggi motivasi dalam berbisnis maka berpengaruh terhadap keputusan berbisnis. Ketiga, variabel pemberian bonus berpengaruh positif terhadap keputusan berbisnis, semakin tinggi pemberian bonus maka berpengaruh terhadap keputusan berbisnis. Keempat, variabel label syariah berpengaruh positif terhadap keputusan berbisnis, semakin baik penerapan label syariah pada bisnis MLM maka berpengaru terhadap keputusan berbisnis.