Pengaruh religiutas, kualitas pelayanan dan penerapan nilai Islam terhadap loyalitas nasabah studi kasus nasabah PT BNI Syariah kantor Cabang Pembantu Ungaran
Main Author: | Khasanah, Nur Fitriatun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12636/1/Skripsi_1505036016_Nur%20Fitriatun%20Khasanah.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12636/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh religiusitas, kualitas pelayanan, dan penerapan nilai Islam terhadap loyalitas nasabah BNI Syariah KCP Ungaran. Peneliti menguji variable – variabel tersebut yang diduga berpengaruh terhadap loyalitas BNI Syariah KCP Ungaran. Metode pemilihan sampel dengan mengambil dari sebagian populasi yang ada, yaitu dengan menggunakan rumus slovin dan memperoleh 98 responden sebagai sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapat dari responden dengan cara pengisian kuesioner. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 22. Analisis ini meliputi uji reliabilitas, uji validitas, uji asumsi klasik, uji statistik melalui uji Ttest, Ftest dan uji koefisien determinan (R2) serta uji regresi linier berganda. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa religiusitas dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, sedangkan penerapan nilai islam berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah. Kemampuuan prediksi ketiga variabel independen terhadap loyalitas nasabah sebesar 33,1% yang ditunjukkan dari besarnya R Square (R2) sisanya 66,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.