<p><font face="Arial">RUMUSAN STRATEGI DAN BAURAN PEMASARAN BERDASARKAN SEGMENTASI PASAR VENTUS (Studi Kasus Bandung)<br /> </font></p>

Main Author: EPO RIKAFRI ALI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Telkom , 2007
Subjects:
#N
A
Online Access: https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/133609/-p-font-face-arial-rumusan-strategi-dan-bauran-pemasaran-berdasarkan-segmentasi-pasar-ventus-studi-kasus-bandung-br-font-p-.html
Daftar Isi:
  • <font face="Times New Roman" size="3"> <p align="left">Sebagai alat komunikasi,ponsel tak hanya untuk bertelepon atau SMS saja. Seiring</p> <p align="left">berkembangnya teknologi, semakin banyak hal yang bisa dilakukan dengan ponsel. Fitur email</p> <p align="left">misalnya. Walaupun tidak selengkap dibanding yang tersedia di komputer pribadi(PC), namun</p> <p align="left">manfaatnya akan terasa begitu kita tengah </p> <p align="left">email adalah sebuah produk yang dapat dianalogikan sebagai &lsquo;memboyong&rsquo; semua kemampuan</p> <p align="left">penerimaan dan pengiriman email dari desktop atau notebook ke dalam smartphone atau PDA</p> <p align="left">phone yang terhubung kepada network GPRS (global packet radio system) atau PDN (packet data</p> <p align="left">network). Kemampuan ini tidak terbatas hanya kepada kirim dan terima email saja, tetapi juga</p> <p align="left">kemampuan untuk melakukan sinkronisasi tehadap kalender/jadwal serta address book dari sistem</p> <p align="left">yang ada di Microsoft Outlook pada desktop/laptop ke smartphone/PDA phone. VENTUS adalah</p> <p align="left">brand name untuk Push email yang merupakan layanan jasa nilai tambah dan konvergensi dari</p> <p align="left">layanan surat-menyurat elektronis (email) dan mobile system (cellular/wireless) yang</p> <p align="left">memungkinkan dilakukan relaying terhadap email yang selama ini diterima lewat desktop atau</p> <p align="left">laptop ke smartphone atau PDA phone. Untuk mengetahui bagaimana cara penetrasi dari VENTUS</p> <p align="left">ini agar dapat diterima dengan baik dan mendorong minat masyarakat untuk menggunakannya</p> <p align="left">maka dilakukan penelitian pasar yang meliputi proses segmentasi, targeting, dan positioning.</p> <p align="left">Proses penelitian dimulai dengan melakukan studi pustaka,kemudian melakukan</p> <p align="left">identifikasi variable dan model konseptual.Setelah itu menentukan alat dan teknik pengumpulan</p> <p align="left">data. Untuk penelitian dilakukan dengan bantuan kuisioner, untuk mendapatkan data primer, yang</p> <p align="left">disebarkan kepada 100 responden di wilayah Bandung. Data yang terkumpul kemudian diolah</p> <p align="left">kemudian di analisa dengan menggunakan metode tabulasi silang atau chi-square</p> </font><em><font face="Times New Roman" size="3">mobile </font><font face="Times New Roman" size="3">dari satu tempat ke tempat lainnya. Produk push</font><font face="Times New Roman">.</font><font face="Times New Roman" size="3"> <p align="left">Dari pengolahan data dengan menggunakan tabulasi silang, maka didapatkan gambaran</p> <p align="left">segmen pasar yang terbentuk </p> <p align="left">II (tidak berminat dan bersedia) sebesar 8 %, segmen III (berminat dan tidak bersedia)</p> <p align="left">sebesar 6 % dan segmen IV (tidak berminat dan tidak bersedia) sebesar 11 %.Dimana yang</p> <p align="left">menjadi targeting atau pasar sasaran adalah Segmen I,II dan III. Sedangkan untuk hasil</p> <p align="left">pengolahan yang menunjukkan keunggulan VENTUS, yang harus dijadikan prioritas</p> <p align="left">keunggulan adalah subjek dapat dipergunakannya VENTUS dari multi operator dengan</p> <p align="left">scoring 413.</p> <p align="left">Dari hasil segmentasi pasar diatas maka dapat dilihat pasar mana yang hendaknya</p> <p align="left">dimasuki oleh VENTUS sehingga dapat mencapai target yang hendak diraih, dengan</p> <p align="left">melihat karakteristik tiap segmen dan mempertahankan keunggulan yang diinginkan oleh</p> <p align="left">calon pelanggan.Selain itu dapat juga disimpulkan dari penawaran awal VENTUS,baik</p> <p align="left">dari sisi fitur maupun biaya yang harus dikeluarkan sudah dirasa baik oleh calon</p> <p align="left">pelanggan.</p> </font><font face="Times New Roman">adalah segmen I (berminat dan bersedia) sebesar 75 %,segmen</font></em> -