<p><font face="Arial">USULAN STRATEGI PEMASARAN SPEEDY SEBAGAI PENDATANG BARU PASAR INTERNET DI WILAYAH PT. TELKOM DIVRE IV SEMARANG<br /> </font></p>
Main Author: | RATNA AYU SYA’DIAH |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/132257/-p-font-face-arial-usulan-strategi-pemasaran-speedy-sebagai-pendatang-baru-pasar-internet-di-wilayah-pt-telkom-divre-iv-semarang-br-font-p-.html |
Daftar Isi:
- <font face="Times New Roman" size="3"> <p align="left">PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TELKOM) sebagai salah satu perusahaan</p> <p align="left">telekomunikasi terbesar di Indonesia dengan Visi "To Become a Leading InfoCom Player in</p> <p align="left">the Region" senantiasa berusaha untuk memberikan layanan dan jasa terbaik bagi masyarakat</p> <p align="left">Indonesia, khususnya untuk layanan Internet, kini PT. TELKOM telah meluncurkan layanan</p> <p align="left">internet yang baru yang diberi nama Speedy. Dengan adanya layanan internet speedy ini maka</p> <p align="left">diperlukan adanya riset pasar yang efektif dalam mempertimbangkan strategi pemasaran yang</p> <p align="left">terbaik guna menghindari kegagalan pemasaran, dan memenangkan persaingan sehingga</p> <p align="left">mempertahankan dan meningkatkan pendapatan dari bisnis data dan internet.</p> <p align="left">Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang disebarkan</p> <p align="left">kepada responden pelanggan TelkomNet Instan dan bukan pelanggan TelkomNet yang ada di</p> <p align="left">wilayah Semarang. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS 12.00 for window</p> <p align="left">yaitu dengan analisis kluster untuk penentuan segmentasinya.</p> <p align="left">Dalam penelitian ini terlebih dahulu dilakukan identifikasi pasar potensial dan pasar</p> <p align="left">tersedia dari layanan speedy, yaitu pasar yang mempunyai tingkat keminatan dan mempunyai</p> <p align="left">kesiapan, yaitu kemampuan daya beli dan kemampuan akses responden terhadap layanan</p> <p align="left">Speedy. Selanjutnya dari pasar tersedia dilakukan proses segmentasi dengan menggunakan</p> <p align="left">analisis kluster. Segmen hasil proses segmentasi kemudian dianalisis untuk menentukan pasar</p> <p align="left">sasaran. Kemudian untuk memposisikan layanan dibenak konsumen pasar sasaran, dirumuskan</p> <p align="left">suatu positioning statement berdasarkan atribut layanan yang diinginkan oleh konsumen serta</p> <p align="left">kekuatan perusahaan untuk memenuhi harapan dari konsumen.</p> <p align="left">Dari hasil pengolahan data diperoleh pasar potensial sebesar 82.20% (171 orang)</p> <p align="left">dengan pasar tersedia sejumlah 89.5%(153 orang) dari pasar potensial tesebut. Proses</p> <p align="left">segmentasi menggunakan analisis kluster menghasilkan 2 segmen yaitu internet heavy user</p> <p align="left">(57%) dan internet light user (43%). Variabel-variabel yang secara signifikan yang terbentuk</p> <p align="left">adalah kecepatan akses, prosedur registrasi, kehandalan infrastruktur, kemudahan instalasi,</p> <p align="left">teknologi akses yang digunakan, kecepatan penanganan gangguan atau keluhan konsumen,</p> <p align="left">garansi produk, cara penyampaian dan kejelasan informasi, pekerjaan produktif. Karakteristik</p> <p align="left">segmen yang secara signifikan berasosiasi dengan segmen yang terbentuk adalah jenis kelamin,</p> <p align="left">usia, pekerjaan, gaji/uang saku, akses internet di warnet, rumah dan kampus/sekolah, bapak dan</p> <p align="left">anak sebagai pengguna internet di rumah, teknologi dial-up dan mengetahui speedy dari koran,</p> <p align="left">iklan TV dan spanduk/billboard. Karakteristik kedua segmen tersebut digunakan sebagai acuan</p> <p align="left">untuk menentukan pasar sasaran.</p> <p align="left">Segmen yang dipilih sebagai pasar sasaran adalah segmen 1 (internet heavy user)</p> <p align="left">sebagai pasar sasaran tunggal jangka pendek (single segment concentration) dengan</p> <p align="left">pertimbangan ukuran sampel lebih besar yaitu 57%. Sedangkan positioning dirumuskan dengan</p> <p align="left">mempertimbangkan keunggulan kompetitif, preferensi pasar terhadap Speedy serta tingkat</p> <p align="left">kepentingan dan manfaat yang diharapkan dari Speedy. Statement yang digunakan untuk</p> <p align="left">memposisikan layanan ini kepada pasar sasaran adalah </p> </font><strong><font face="Times New Roman" size="3">”Akses Internet Cepat”.</font></strong> Strategi Pemasaran, Speedy, Internet