<p><font face="Arial">USULAN STRATEGI PEMASARAN SPEEDY SEBAGAI PENDATANG BARU PASAR INTERNET DI WILAYAH PT. TELKOM DIVRE IV SEMARANG<br /> </font></p>

Main Author: RATNA AYU SYA’DIAH
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Telkom, S1 Teknik Industri , 2007
Subjects:
Online Access: https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/132257/-p-font-face-arial-usulan-strategi-pemasaran-speedy-sebagai-pendatang-baru-pasar-internet-di-wilayah-pt-telkom-divre-iv-semarang-br-font-p-.html
ctrlnum 112030048
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>&lt;p&gt;&lt;font face="Arial"&gt;USULAN STRATEGI PEMASARAN SPEEDY SEBAGAI PENDATANG BARU PASAR INTERNET DI WILAYAH PT. TELKOM DIVRE IV SEMARANG&lt;br /&gt; &lt;/font&gt;&lt;/p&gt;</title><creator>RATNA AYU SYA&#x2019;DIAH</creator><subject>STRATEGI PEMASARAN</subject><description>&lt;font face="Times New Roman" size="3"&gt; &lt;p align="left"&gt;PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TELKOM) sebagai salah satu perusahaan&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;telekomunikasi terbesar di Indonesia dengan Visi "To Become a Leading InfoCom Player in&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;the Region" senantiasa berusaha untuk memberikan layanan dan jasa terbaik bagi masyarakat&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;Indonesia, khususnya untuk layanan Internet, kini PT. TELKOM telah meluncurkan layanan&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;internet yang baru yang diberi nama Speedy. Dengan adanya layanan internet speedy ini maka&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;diperlukan adanya riset pasar yang efektif dalam mempertimbangkan strategi pemasaran yang&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;terbaik guna menghindari kegagalan pemasaran, dan memenangkan persaingan sehingga&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;mempertahankan dan meningkatkan pendapatan dari bisnis data dan internet.&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang disebarkan&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;kepada responden pelanggan TelkomNet Instan dan bukan pelanggan TelkomNet yang ada di&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;wilayah Semarang. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS 12.00 for window&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;yaitu dengan analisis kluster untuk penentuan segmentasinya.&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;Dalam penelitian ini terlebih dahulu dilakukan identifikasi pasar potensial dan pasar&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;tersedia dari layanan speedy, yaitu pasar yang mempunyai tingkat keminatan dan mempunyai&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;kesiapan, yaitu kemampuan daya beli dan kemampuan akses responden terhadap layanan&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;Speedy. Selanjutnya dari pasar tersedia dilakukan proses segmentasi dengan menggunakan&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;analisis kluster. Segmen hasil proses segmentasi kemudian dianalisis untuk menentukan pasar&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;sasaran. Kemudian untuk memposisikan layanan dibenak konsumen pasar sasaran, dirumuskan&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;suatu positioning statement berdasarkan atribut layanan yang diinginkan oleh konsumen serta&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;kekuatan perusahaan untuk memenuhi harapan dari konsumen.&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;Dari hasil pengolahan data diperoleh pasar potensial sebesar 82.20% (171 orang)&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;dengan pasar tersedia sejumlah 89.5%(153 orang) dari pasar potensial tesebut. Proses&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;segmentasi menggunakan analisis kluster menghasilkan 2 segmen yaitu internet heavy user&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;(57%) dan internet light user (43%). Variabel-variabel yang secara signifikan yang terbentuk&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;adalah kecepatan akses, prosedur registrasi, kehandalan infrastruktur, kemudahan instalasi,&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;teknologi akses yang digunakan, kecepatan penanganan gangguan atau keluhan konsumen,&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;garansi produk, cara penyampaian dan kejelasan informasi, pekerjaan produktif. Karakteristik&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;segmen yang secara signifikan berasosiasi dengan segmen yang terbentuk adalah jenis kelamin,&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;usia, pekerjaan, gaji/uang saku, akses internet di warnet, rumah dan kampus/sekolah, bapak dan&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;anak sebagai pengguna internet di rumah, teknologi dial-up dan mengetahui speedy dari koran,&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;iklan TV dan spanduk/billboard. Karakteristik kedua segmen tersebut digunakan sebagai acuan&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;untuk menentukan pasar sasaran.&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;Segmen yang dipilih sebagai pasar sasaran adalah segmen 1 (internet heavy user)&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;sebagai pasar sasaran tunggal jangka pendek (single segment concentration) dengan&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;pertimbangan ukuran sampel lebih besar yaitu 57%. Sedangkan positioning dirumuskan dengan&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;mempertimbangkan keunggulan kompetitif, preferensi pasar terhadap Speedy serta tingkat&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;kepentingan dan manfaat yang diharapkan dari Speedy. Statement yang digunakan untuk&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;memposisikan layanan ini kepada pasar sasaran adalah &lt;/p&gt; &lt;/font&gt;&lt;strong&gt;&lt;font face="Times New Roman" size="3"&gt;&#x201D;Akses Internet Cepat&#x201D;.&lt;/font&gt;&lt;/strong&gt; Strategi Pemasaran, Speedy, Internet</description><publisher>Universitas Telkom, S1 Teknik Industri</publisher><date>2007-01-01</date><type>Thesis:Bachelors</type><identifier>https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/132257/-p-font-face-arial-usulan-strategi-pemasaran-speedy-sebagai-pendatang-baru-pasar-internet-di-wilayah-pt-telkom-divre-iv-semarang-br-font-p-.html</identifier><language>Indonesia</language><recordID>112030048</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
author RATNA AYU SYA’DIAH
title <p><font face="Arial">USULAN STRATEGI PEMASARAN SPEEDY SEBAGAI PENDATANG BARU PASAR INTERNET DI WILAYAH PT. TELKOM DIVRE IV SEMARANG<br /> </font></p>
publisher Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
publishDate 2007
topic STRATEGI PEMASARAN
url https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/132257/-p-font-face-arial-usulan-strategi-pemasaran-speedy-sebagai-pendatang-baru-pasar-internet-di-wilayah-pt-telkom-divre-iv-semarang-br-font-p-.html
contents <font face="Times New Roman" size="3"> <p align="left">PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TELKOM) sebagai salah satu perusahaan</p> <p align="left">telekomunikasi terbesar di Indonesia dengan Visi "To Become a Leading InfoCom Player in</p> <p align="left">the Region" senantiasa berusaha untuk memberikan layanan dan jasa terbaik bagi masyarakat</p> <p align="left">Indonesia, khususnya untuk layanan Internet, kini PT. TELKOM telah meluncurkan layanan</p> <p align="left">internet yang baru yang diberi nama Speedy. Dengan adanya layanan internet speedy ini maka</p> <p align="left">diperlukan adanya riset pasar yang efektif dalam mempertimbangkan strategi pemasaran yang</p> <p align="left">terbaik guna menghindari kegagalan pemasaran, dan memenangkan persaingan sehingga</p> <p align="left">mempertahankan dan meningkatkan pendapatan dari bisnis data dan internet.</p> <p align="left">Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang disebarkan</p> <p align="left">kepada responden pelanggan TelkomNet Instan dan bukan pelanggan TelkomNet yang ada di</p> <p align="left">wilayah Semarang. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS 12.00 for window</p> <p align="left">yaitu dengan analisis kluster untuk penentuan segmentasinya.</p> <p align="left">Dalam penelitian ini terlebih dahulu dilakukan identifikasi pasar potensial dan pasar</p> <p align="left">tersedia dari layanan speedy, yaitu pasar yang mempunyai tingkat keminatan dan mempunyai</p> <p align="left">kesiapan, yaitu kemampuan daya beli dan kemampuan akses responden terhadap layanan</p> <p align="left">Speedy. Selanjutnya dari pasar tersedia dilakukan proses segmentasi dengan menggunakan</p> <p align="left">analisis kluster. Segmen hasil proses segmentasi kemudian dianalisis untuk menentukan pasar</p> <p align="left">sasaran. Kemudian untuk memposisikan layanan dibenak konsumen pasar sasaran, dirumuskan</p> <p align="left">suatu positioning statement berdasarkan atribut layanan yang diinginkan oleh konsumen serta</p> <p align="left">kekuatan perusahaan untuk memenuhi harapan dari konsumen.</p> <p align="left">Dari hasil pengolahan data diperoleh pasar potensial sebesar 82.20% (171 orang)</p> <p align="left">dengan pasar tersedia sejumlah 89.5%(153 orang) dari pasar potensial tesebut. Proses</p> <p align="left">segmentasi menggunakan analisis kluster menghasilkan 2 segmen yaitu internet heavy user</p> <p align="left">(57%) dan internet light user (43%). Variabel-variabel yang secara signifikan yang terbentuk</p> <p align="left">adalah kecepatan akses, prosedur registrasi, kehandalan infrastruktur, kemudahan instalasi,</p> <p align="left">teknologi akses yang digunakan, kecepatan penanganan gangguan atau keluhan konsumen,</p> <p align="left">garansi produk, cara penyampaian dan kejelasan informasi, pekerjaan produktif. Karakteristik</p> <p align="left">segmen yang secara signifikan berasosiasi dengan segmen yang terbentuk adalah jenis kelamin,</p> <p align="left">usia, pekerjaan, gaji/uang saku, akses internet di warnet, rumah dan kampus/sekolah, bapak dan</p> <p align="left">anak sebagai pengguna internet di rumah, teknologi dial-up dan mengetahui speedy dari koran,</p> <p align="left">iklan TV dan spanduk/billboard. Karakteristik kedua segmen tersebut digunakan sebagai acuan</p> <p align="left">untuk menentukan pasar sasaran.</p> <p align="left">Segmen yang dipilih sebagai pasar sasaran adalah segmen 1 (internet heavy user)</p> <p align="left">sebagai pasar sasaran tunggal jangka pendek (single segment concentration) dengan</p> <p align="left">pertimbangan ukuran sampel lebih besar yaitu 57%. Sedangkan positioning dirumuskan dengan</p> <p align="left">mempertimbangkan keunggulan kompetitif, preferensi pasar terhadap Speedy serta tingkat</p> <p align="left">kepentingan dan manfaat yang diharapkan dari Speedy. Statement yang digunakan untuk</p> <p align="left">memposisikan layanan ini kepada pasar sasaran adalah </p> </font><strong><font face="Times New Roman" size="3">”Akses Internet Cepat”.</font></strong> Strategi Pemasaran, Speedy, Internet
id IOS2750.112030048
institution Telkom University
institution_id 317
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Telkom University
library_id 255
collection Katalog Library & Knowledge Center Telkom University
repository_id 2750
subject_area Ekonomi
Program Komputer dan Teknologi Informasi
Rekayasa
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS2750
first_indexed 2020-07-03T07:16:25Z
last_indexed 2020-10-12T05:15:13Z
recordtype dc
_version_ 1765820012498518016
score 17.538404