<p><font face="Arial">PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN STARONE BERDASARKAN IDENTIFIKASI SEGMEN PASAR DAN PEMILIHAN PASAR SASARAN (Studi Kasus: PT Indosat, Tbk. Bandung)<br /> </font></p>

Main Author: ABDUL RASYID
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Telkom, S1 Teknik Industri , 2007
Subjects:
Online Access: https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/132020/-p-font-face-arial-perumusan-strategi-pemasaran-starone-berdasarkan-identifikasi-segmen-pasar-dan-pemilihan-pasar-sasaran-studi-kasus-pt-indosat-tbk-bandung-br-font-p-.html
Daftar Isi:
  • <font face="Times New Roman" size="3"> <p align="left">Peningkatan kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat dari hari ke harinya pada</p> <p align="left">teknologi telekomunikasi, melahirkan suatu tuntutan sistem pelayanan yang bervariasi. StarOne</p> <p align="left">merupakan produk terbaru PT Indosat berbasis akses tanpa kabel dengan teknologi </p> </font><em><font face="Times New Roman" size="3">CDMA</font><font face="Times New Roman" size="3"> <p align="left">(</p> <p align="left">panggilan pada posisi di mana pun selama berada di area jangkauan, dengan tarif yang sangat</p> <p align="left">hemat. Layaknya sebuah produk baru yang akan memasuki pasar, maka perlu dilakukan</p> <p align="left">pengenalan lebih mendalam mengenai pasar yang akan dimasuki sebelum produk benar-benar</p> <p align="left">ditawarkan kepada masyarakat. Hal inilah yang menjadi dasar tujuan dari penelitian ini, yaitu</p> <p align="left">untuk mensegmentasi pasar layanan StarOne, pemilihan pasar sasaran dan penentuan posisi</p> <p align="left">serta merumuskan suatu strategi bauran pemasaran yang akan berguna dalam memberikan</p> <p align="left">masukan bagi pengembangan pemasaran selanjutnya.</p> <p align="left">Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Alat pengumpulan data</p> <p align="left">adalah kuesioner kepada pelanggan dan non-pelanggan PT Indosat. Alat ukur yang digunakan</p> <p align="left">adalah ditribusi frekuensi untuk menentukan proporsi dan karakteristik tiap segmen serta</p> <p align="left">tabulasi silang untuk mengetahui hubungan antar variabel. Penelitian dilakukan dengan</p> <p align="left">tahapan, segmentasi pasar layanan StarOne, pemilihan pasar sasaran, penentuan posisi layanan</p> <p align="left">dan perumusan strategi bauran pemasaran.</p> <p align="left">Segmentasi pasar StarOne didasarkan pada keminatan dan kesediaan responden</p> <p align="left">terhadap layanan StarOne. Segmentasi ini menghasilkan 4 segmen pasar. Segmen 1 (Minat dan</p> <p align="left">Bersedia) sebesar 39,23 %, segmen 2 (Tidak minat dan Bersedia) sebesar 10,.05 %, segmen 3</p> <p align="left">(Minat dan Tidak bersedia) sebesar 26,79 % dan segmen 4 (Tidak minat dan Tidak bersedia)</p> <p align="left">sebesar 23,92 %. Dari keempat segmen tersebut, segmen 1 dan segmen 2 dipilih sebagai pasar</p> <p align="left">sasaran untuk layanan ini. Pemilihan ini didasarkan pada tingkat kesediaan responden untuk</p> <p align="left">menganggarkan biaya penggunaan StarOne dimana hal tersebut sangat penting dalam</p> <p align="left">memutuskan apakah responden tersebut akan menggunakan atau tidak menggunakan layanan</p> <p align="left">StarOne. Selanjutnya, posisi layanan yang didasarkan pada keunggulan dan kelemahan StarOne</p> <p align="left">dibandingkan telepon seluler maupun telepon tetap serta preferensi konsumen terhadap</p> <p align="left">keunggulan StarOne. Posisi layanan dirumuskan dengan Telepon Untuk Semua. Kemudian</p> <p align="left">perumusan strategi bauran pemasaran yang didasarkan pada 4P (</p> <p align="left">promotion</p> <p align="left">Dengan pasar sasaran sebesar 49,28 % menunjukkan bahwa PT Indosat memiliki</p> <p align="left">peluang dalam memasarkan StarOne. Sedangkan sisanya yaitu segmen 3 dan 4 masih terbuka</p> <p align="left">peluang untuk dimasuki melalui </p> <p align="left">segmen tersebut.</p> </font><em><font face="Times New Roman" size="3">Code Division Multiple Access</font><font face="Times New Roman" size="3">) dimana pelanggan bisa melakukan panggilan dan menerima</font><em><font face="Times New Roman" size="3">product, price, place,</font><font face="Times New Roman" size="3">).</font><em><font face="Times New Roman" size="3">product development </font><font face="Times New Roman" size="3">yang sesuai dengan karakteristik kedua</font></em></em></em></em> -