<p><font face="Arial">PERBAIKAN PROSES BISNIS LAYANAN PERMINTAAN PASANG BARU AIR BERSIH DI PDAM BANDUNG MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT ( BPI )</font></p>

Main Author: EMYLINE GUNAWAN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Telkom, S1 Teknik Industri , 2005
Subjects:
Online Access: https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/132006/-p-font-face-arial-perbaikan-proses-bisnis-layanan-permintaan-pasang-baru-air-bersih-di-pdam-bandung-menggunakan-metode-business-process-improvement-bpi-font-p-.html
Daftar Isi:
  • <font face="Times New Roman" size="3"> <p align="left">PDAM merupakan perusahaan daerah air minum yang berorientasi pada</p> <p align="left">penyempurnaan pelayanan terhadap pelanggan. Untuk mendukung keberadaannya, perusahaan</p> <p align="left">harus meningkatkan kualitas layanannya. Dalam Tugas Akhir ini, penulis akan melakukan</p> <p align="left">perbaikan proses bisnis pada bagian layanan pasang baru air bersih di PDAM. Hal ini</p> <p align="left">dikarenakan tidak efektifnya proses bisnis eksisting layanan pasang baru air bersih, sehingga</p> <p align="left">memerlukan waktu yang cukup panjang dalam prosesnya.</p> <p align="left">Metode yang digunakan untuk memperbaiki proses bisnis tersebut adalah </p> <p align="left">Process Improvement </p> <p align="left">tersebut dan dapat diketahui sub proses mana yang termasuk dalam sub proses kritis. Setiap sub</p> <p align="left">proses dianalisis menggunakan tools yang terdapat dalam BPI, yaitu </p> <p align="left">menganalisisnya, maka dapat dihasilkan proses bisnis yang efektif dan efisien. Metode BPI</p> <p align="left">juga dapat membantu perusahaan melihat performansi eksisting dengan mengukur efisiensi</p> <p align="left">berdasarkan kategori waktu siklusnya.</p> <p align="left">Untuk memudahkan menganalisis, maka proses pasang baru tersebut dibagi menjadi 3</p> <p align="left">proses yaitu : proses permohonan, proses pembayaran, dan proses pemasangan. Total waktu</p> <p align="left">siklus pada proses bisnis eksisting adalah 11525.875 menit atau 24.012 hari ditambah dengan</p> <p align="left">rata – rata jangka waktu pembayaran yaitu 10 hari, sehingga total waktu siklus permintaan</p> <p align="left">pasang baru air bersih yaitu 34.012 hari.<font face="Times New Roman" size="3"></font></p> <p align="left">Setelah dilakukan perbaikan pada proses bisnis eksisting, maka didapatkan waktu siklus</p> <p align="left">usulan yang diberikan kepada pihak PDAM adalah 2181.849 menit atau 4.546 hari ditambah</p> <p align="left">jangka waktu pembayaran selam 3 hari, sehingga total waktu siklus usulan yaitu 7.546 hari.</p> <p align="left">Juga dapat diketahui subproses kritis bagi perusahaan beradasarkan hasil pengamatan dan</p> <p align="left">perbaikan yang dapat dilakukan.</p> </font><em><font face="Times New Roman" size="3">Business</font><font face="Times New Roman" size="3">( BPI ), yaitu menganalisis setiap sub proses yang ada dalam proses</font><em><font face="Times New Roman" size="3">Streamlining</font><font face="Times New Roman" size="3">. Dengan</font></em></em> -