<p><font face="Arial">USULAN PERBAIKAN RANCANGAN LAYANAN TELKOMSMS DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DI KOTA BANDUNG</font></p>
Main Author: | KURNIAWAN NUGROHO |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Telkom
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/131913/-p-font-face-arial-usulan-perbaikan-rancangan-layanan-telkomsms-dengan-menggunakan-metode-quality-function-deployment-di-kota-bandung-font-p-.html |
ctrlnum |
112000219 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title><p><font face="Arial">USULAN PERBAIKAN RANCANGAN LAYANAN TELKOMSMS DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DI KOTA BANDUNG</font></p></title><creator>KURNIAWAN NUGROHO</creator><subject>#N/A</subject><description><font face="Times New Roman" size="3">
<p align="left">Perkembangan dunia telekomunikasi yang semakin pesat menyebabkan persaingan</p>
<p align="left">diantara pelaku bisnis telekomunikasi menjadi semakin tajam. Dengan diberikannya lisensi</p>
<p align="left">bisnis </p>
<p align="left">Telekomunikasi), yang berarti berakhirnya monopoli bisnis </p>
<p align="left">Telkom, maka persaingan pun akan terjadi pada bisnis </p>
<p align="left">Telkom juga harus menghadapi persaingan dari pihak operator seluler.Harga untuk saat ini</p>
<p align="left">mungkin masih menjadi faktor yang paling sensitif bagi konsumen Indonesia, tetapi perlu juga</p>
<p align="left">dipikirkan faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen akan layanan</p>
<p align="left">telekomunikasi ini. Salah satunya adalah inovasi dalam hal layanan-layanan yang diberikan.</p>
<p align="left">Inovasi layanan berupa layanan bernilai tambah (Value Added Services) tersebut selain dapat</p>
<p align="left">meningkatkan kepuasan pelanggan juga diharapkan dapat digunakan untuk mencapai loyalitas</p>
<p align="left">pelanggan, sehingga masyarakat yang telah menggunakan jasa telekomunikasi PT Telkom tidak</p>
<p align="left">akan berpindah ke operator lain. Salah satu layanan tersebut adalah layanan TelkomSMS yang</p>
<p align="left">merupakan layanan yang memungkinkan kita berkirim pesan lewat telepon tetap. Sebagai</p>
<p align="left">layanan yang baru diluncurkan di DIVRE III, khususnya wilayah Bandung layanan ini</p>
<p align="left">membutuhkan penelitian untuk pengembangannya. Dimana pengembangan yang dilakukan</p>
<p align="left">tersebut harus dapat mengakomodasi keinginan dan kebutuhan pelanggan serta kemampuan</p>
<p align="left">perusahaan itu sendiri.</p>
<p align="left">Pengembangan layanan yang sesuai keinginan dan kebutuhan pelanggan serta sesuai</p>
<p align="left">dengan kemampuan perusahaan membutuhkan suatu solusi yang tepat. Solusi tersebut adalah</p>
<p align="left">dengan menggunakan metode </p>
<p align="left">digunakan sampai pada tahap iterasi II. Data diperoleh dari hasil wawancara dan kuisioner pada</p>
<p align="left">pelanggan layanan TelkomSMS dan layanan SMS kompetitor,yaitu Flexi SMS dan layanan</p>
<p align="left">SMS Esia. Sementara itu karakteristik teknis dan critical part didapatkan dari PT. Telkom</p>
<p align="left">Kandatel Bandung sebagai operator dari layanan ini.</p>
<p align="left">Dari hasil penelitian didapatkan 21 atribut kebutuhan pelanggan dan 17 karakteristik</p>
<p align="left">teknis yang kemudian diolah dalam Matriks HoQ (QFD iterasi 1). Pada QFD iterasi II, Matriks</p>
<p align="left">Desain Proses, diolah data dari 17 atribut kebutuhan QFD iterasi II, yang merupakan</p>
<p align="left">karakteristik teknis dari QFD iterasi 1, dan 11 critical part. Dari hasil pengolahan didapatkan</p>
<p align="left">atribut kebutuhan dengan bobot tertinggi, tingkat kepuasan pelanggan, perbandingan</p>
<p align="left">performansi antar layanan, target yang ingin dicapai dan juga bobot dari masing-masing</p>
<p align="left">karakteristik teknis dan critical part. Fokus pengembangan akan didasarkan pada hasil-hasil</p>
<p align="left">yang diperoleh dari pengolahan kedua matriks QFD tersebut.</p>
<p align="left">Perbaikan konsep layanan difokuskan pada hasil pengolahan matriks QFD iterasi I dan</p>
<p align="left">II. Pada QFD iterasi I yang merupakan titik berat pengembangan adalah pengaksesan layanan</p>
<p align="left">yang terdiri dari tiga atribut kebutuhan yaitu pesan yang dikirim cepat sampai, pesan yang</p>
<p align="left">dikirim jangan sampai gagal dan report pengiriman pesan cepat sampai. Sementara pada QFD</p>
<p align="left">iterasi II adalah pengembangan pada jaringan VAS. Jadi pengembangan layanan berdasarkan</p>
<p align="left">hasil pengolahan matriks QFD harus difokuskan pada peningkatan performansi jaringan VAS</p>
<p align="left">untuk dapat meningkatkan kemampuan pengaksesan layanan yang meliputi pesan yang dikirm</p>
<p align="left">cepat sampai, pesan yang dikirim jangan sampai gagal dan report pengiriman pesan cepat</p>
<p align="left">sampai.</p>
</font><em><font face="Times New Roman" size="3">fixed telecommunication </font><font face="Times New Roman" size="3">kepada Indosat (berdasarkan UU no 36/1999 tentang</font><em><font face="Times New Roman" size="3">fixed telecommunication </font><font face="Times New Roman" size="3">oleh PT</font><em><font face="Times New Roman" size="3">fixed telecommunication.</font><font face="Times New Roman" size="3">Selain itu PT.</font><em><font face="Times New Roman" size="3">Quality Function Deployment (QFD)</font><font face="Times New Roman" size="3">. Pada penelitian ini QFD</font></em></em></em></em> Quality Function Deployment, TelkomSMS, Desain Layanan, House of Quality, Matrix
Design Deployment</description><publisher>Universitas Telkom</publisher><date>2007-01-01</date><type>Thesis:Bachelors</type><identifier>https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/131913/-p-font-face-arial-usulan-perbaikan-rancangan-layanan-telkomsms-dengan-menggunakan-metode-quality-function-deployment-di-kota-bandung-font-p-.html</identifier><language>Indonesia</language><recordID>112000219</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis |
author |
KURNIAWAN NUGROHO |
title |
<p><font face="Arial">USULAN PERBAIKAN RANCANGAN LAYANAN TELKOMSMS DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DI KOTA BANDUNG</font></p> |
publisher |
Universitas Telkom |
publishDate |
2007 |
topic |
#N A |
url |
https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/131913/-p-font-face-arial-usulan-perbaikan-rancangan-layanan-telkomsms-dengan-menggunakan-metode-quality-function-deployment-di-kota-bandung-font-p-.html |
contents |
<font face="Times New Roman" size="3">
<p align="left">Perkembangan dunia telekomunikasi yang semakin pesat menyebabkan persaingan</p>
<p align="left">diantara pelaku bisnis telekomunikasi menjadi semakin tajam. Dengan diberikannya lisensi</p>
<p align="left">bisnis </p>
<p align="left">Telekomunikasi), yang berarti berakhirnya monopoli bisnis </p>
<p align="left">Telkom, maka persaingan pun akan terjadi pada bisnis </p>
<p align="left">Telkom juga harus menghadapi persaingan dari pihak operator seluler.Harga untuk saat ini</p>
<p align="left">mungkin masih menjadi faktor yang paling sensitif bagi konsumen Indonesia, tetapi perlu juga</p>
<p align="left">dipikirkan faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen akan layanan</p>
<p align="left">telekomunikasi ini. Salah satunya adalah inovasi dalam hal layanan-layanan yang diberikan.</p>
<p align="left">Inovasi layanan berupa layanan bernilai tambah (Value Added Services) tersebut selain dapat</p>
<p align="left">meningkatkan kepuasan pelanggan juga diharapkan dapat digunakan untuk mencapai loyalitas</p>
<p align="left">pelanggan, sehingga masyarakat yang telah menggunakan jasa telekomunikasi PT Telkom tidak</p>
<p align="left">akan berpindah ke operator lain. Salah satu layanan tersebut adalah layanan TelkomSMS yang</p>
<p align="left">merupakan layanan yang memungkinkan kita berkirim pesan lewat telepon tetap. Sebagai</p>
<p align="left">layanan yang baru diluncurkan di DIVRE III, khususnya wilayah Bandung layanan ini</p>
<p align="left">membutuhkan penelitian untuk pengembangannya. Dimana pengembangan yang dilakukan</p>
<p align="left">tersebut harus dapat mengakomodasi keinginan dan kebutuhan pelanggan serta kemampuan</p>
<p align="left">perusahaan itu sendiri.</p>
<p align="left">Pengembangan layanan yang sesuai keinginan dan kebutuhan pelanggan serta sesuai</p>
<p align="left">dengan kemampuan perusahaan membutuhkan suatu solusi yang tepat. Solusi tersebut adalah</p>
<p align="left">dengan menggunakan metode </p>
<p align="left">digunakan sampai pada tahap iterasi II. Data diperoleh dari hasil wawancara dan kuisioner pada</p>
<p align="left">pelanggan layanan TelkomSMS dan layanan SMS kompetitor,yaitu Flexi SMS dan layanan</p>
<p align="left">SMS Esia. Sementara itu karakteristik teknis dan critical part didapatkan dari PT. Telkom</p>
<p align="left">Kandatel Bandung sebagai operator dari layanan ini.</p>
<p align="left">Dari hasil penelitian didapatkan 21 atribut kebutuhan pelanggan dan 17 karakteristik</p>
<p align="left">teknis yang kemudian diolah dalam Matriks HoQ (QFD iterasi 1). Pada QFD iterasi II, Matriks</p>
<p align="left">Desain Proses, diolah data dari 17 atribut kebutuhan QFD iterasi II, yang merupakan</p>
<p align="left">karakteristik teknis dari QFD iterasi 1, dan 11 critical part. Dari hasil pengolahan didapatkan</p>
<p align="left">atribut kebutuhan dengan bobot tertinggi, tingkat kepuasan pelanggan, perbandingan</p>
<p align="left">performansi antar layanan, target yang ingin dicapai dan juga bobot dari masing-masing</p>
<p align="left">karakteristik teknis dan critical part. Fokus pengembangan akan didasarkan pada hasil-hasil</p>
<p align="left">yang diperoleh dari pengolahan kedua matriks QFD tersebut.</p>
<p align="left">Perbaikan konsep layanan difokuskan pada hasil pengolahan matriks QFD iterasi I dan</p>
<p align="left">II. Pada QFD iterasi I yang merupakan titik berat pengembangan adalah pengaksesan layanan</p>
<p align="left">yang terdiri dari tiga atribut kebutuhan yaitu pesan yang dikirim cepat sampai, pesan yang</p>
<p align="left">dikirim jangan sampai gagal dan report pengiriman pesan cepat sampai. Sementara pada QFD</p>
<p align="left">iterasi II adalah pengembangan pada jaringan VAS. Jadi pengembangan layanan berdasarkan</p>
<p align="left">hasil pengolahan matriks QFD harus difokuskan pada peningkatan performansi jaringan VAS</p>
<p align="left">untuk dapat meningkatkan kemampuan pengaksesan layanan yang meliputi pesan yang dikirm</p>
<p align="left">cepat sampai, pesan yang dikirim jangan sampai gagal dan report pengiriman pesan cepat</p>
<p align="left">sampai.</p>
</font><em><font face="Times New Roman" size="3">fixed telecommunication </font><font face="Times New Roman" size="3">kepada Indosat (berdasarkan UU no 36/1999 tentang</font><em><font face="Times New Roman" size="3">fixed telecommunication </font><font face="Times New Roman" size="3">oleh PT</font><em><font face="Times New Roman" size="3">fixed telecommunication.</font><font face="Times New Roman" size="3">Selain itu PT.</font><em><font face="Times New Roman" size="3">Quality Function Deployment (QFD)</font><font face="Times New Roman" size="3">. Pada penelitian ini QFD</font></em></em></em></em> Quality Function Deployment, TelkomSMS, Desain Layanan, House of Quality, Matrix
Design Deployment |
id |
IOS2750.112000219 |
institution |
Telkom University |
institution_id |
317 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Telkom University |
library_id |
255 |
collection |
Katalog Library & Knowledge Center Telkom University |
repository_id |
2750 |
subject_area |
Ekonomi Program Komputer dan Teknologi Informasi Rekayasa |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS2750 |
first_indexed |
2020-07-03T07:16:22Z |
last_indexed |
2020-07-03T07:16:22Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765820012060213248 |
score |
17.538404 |