<p><font face="Arial">USULAN PERBAIKAN RANCANGAN LAYANAN TELKOMSMS DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DI KOTA BANDUNG</font></p>

Main Author: KURNIAWAN NUGROHO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Telkom , 2007
Subjects:
#N
A
Online Access: https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/131913/-p-font-face-arial-usulan-perbaikan-rancangan-layanan-telkomsms-dengan-menggunakan-metode-quality-function-deployment-di-kota-bandung-font-p-.html
ctrlnum 112000219
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>&lt;p&gt;&lt;font face="Arial"&gt;USULAN PERBAIKAN RANCANGAN LAYANAN TELKOMSMS DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DI KOTA BANDUNG&lt;/font&gt;&lt;/p&gt;</title><creator>KURNIAWAN NUGROHO</creator><subject>#N/A</subject><description>&lt;font face="Times New Roman" size="3"&gt; &lt;p align="left"&gt;Perkembangan dunia telekomunikasi yang semakin pesat menyebabkan persaingan&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;diantara pelaku bisnis telekomunikasi menjadi semakin tajam. Dengan diberikannya lisensi&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;bisnis &lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;Telekomunikasi), yang berarti berakhirnya monopoli bisnis &lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;Telkom, maka persaingan pun akan terjadi pada bisnis &lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;Telkom juga harus menghadapi persaingan dari pihak operator seluler.Harga untuk saat ini&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;mungkin masih menjadi faktor yang paling sensitif bagi konsumen Indonesia, tetapi perlu juga&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;dipikirkan faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen akan layanan&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;telekomunikasi ini. Salah satunya adalah inovasi dalam hal layanan-layanan yang diberikan.&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;Inovasi layanan berupa layanan bernilai tambah (Value Added Services) tersebut selain dapat&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;meningkatkan kepuasan pelanggan juga diharapkan dapat digunakan untuk mencapai loyalitas&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;pelanggan, sehingga masyarakat yang telah menggunakan jasa telekomunikasi PT Telkom tidak&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;akan berpindah ke operator lain. Salah satu layanan tersebut adalah layanan TelkomSMS yang&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;merupakan layanan yang memungkinkan kita berkirim pesan lewat telepon tetap. Sebagai&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;layanan yang baru diluncurkan di DIVRE III, khususnya wilayah Bandung layanan ini&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;membutuhkan penelitian untuk pengembangannya. Dimana pengembangan yang dilakukan&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;tersebut harus dapat mengakomodasi keinginan dan kebutuhan pelanggan serta kemampuan&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;perusahaan itu sendiri.&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;Pengembangan layanan yang sesuai keinginan dan kebutuhan pelanggan serta sesuai&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;dengan kemampuan perusahaan membutuhkan suatu solusi yang tepat. Solusi tersebut adalah&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;dengan menggunakan metode &lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;digunakan sampai pada tahap iterasi II. Data diperoleh dari hasil wawancara dan kuisioner pada&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;pelanggan layanan TelkomSMS dan layanan SMS kompetitor,yaitu Flexi SMS dan layanan&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;SMS Esia. Sementara itu karakteristik teknis dan critical part didapatkan dari PT. Telkom&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;Kandatel Bandung sebagai operator dari layanan ini.&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;Dari hasil penelitian didapatkan 21 atribut kebutuhan pelanggan dan 17 karakteristik&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;teknis yang kemudian diolah dalam Matriks HoQ (QFD iterasi 1). Pada QFD iterasi II, Matriks&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;Desain Proses, diolah data dari 17 atribut kebutuhan QFD iterasi II, yang merupakan&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;karakteristik teknis dari QFD iterasi 1, dan 11 critical part. Dari hasil pengolahan didapatkan&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;atribut kebutuhan dengan bobot tertinggi, tingkat kepuasan pelanggan, perbandingan&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;performansi antar layanan, target yang ingin dicapai dan juga bobot dari masing-masing&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;karakteristik teknis dan critical part. Fokus pengembangan akan didasarkan pada hasil-hasil&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;yang diperoleh dari pengolahan kedua matriks QFD tersebut.&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;Perbaikan konsep layanan difokuskan pada hasil pengolahan matriks QFD iterasi I dan&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;II. Pada QFD iterasi I yang merupakan titik berat pengembangan adalah pengaksesan layanan&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;yang terdiri dari tiga atribut kebutuhan yaitu pesan yang dikirim cepat sampai, pesan yang&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;dikirim jangan sampai gagal dan report pengiriman pesan cepat sampai. Sementara pada QFD&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;iterasi II adalah pengembangan pada jaringan VAS. Jadi pengembangan layanan berdasarkan&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;hasil pengolahan matriks QFD harus difokuskan pada peningkatan performansi jaringan VAS&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;untuk dapat meningkatkan kemampuan pengaksesan layanan yang meliputi pesan yang dikirm&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;cepat sampai, pesan yang dikirim jangan sampai gagal dan report pengiriman pesan cepat&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;sampai.&lt;/p&gt; &lt;/font&gt;&lt;em&gt;&lt;font face="Times New Roman" size="3"&gt;fixed telecommunication &lt;/font&gt;&lt;font face="Times New Roman" size="3"&gt;kepada Indosat (berdasarkan UU no 36/1999 tentang&lt;/font&gt;&lt;em&gt;&lt;font face="Times New Roman" size="3"&gt;fixed telecommunication &lt;/font&gt;&lt;font face="Times New Roman" size="3"&gt;oleh PT&lt;/font&gt;&lt;em&gt;&lt;font face="Times New Roman" size="3"&gt;fixed telecommunication.&lt;/font&gt;&lt;font face="Times New Roman" size="3"&gt;Selain itu PT.&lt;/font&gt;&lt;em&gt;&lt;font face="Times New Roman" size="3"&gt;Quality Function Deployment (QFD)&lt;/font&gt;&lt;font face="Times New Roman" size="3"&gt;. Pada penelitian ini QFD&lt;/font&gt;&lt;/em&gt;&lt;/em&gt;&lt;/em&gt;&lt;/em&gt; Quality Function Deployment, TelkomSMS, Desain Layanan, House of Quality, Matrix Design Deployment</description><publisher>Universitas Telkom</publisher><date>2007-01-01</date><type>Thesis:Bachelors</type><identifier>https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/131913/-p-font-face-arial-usulan-perbaikan-rancangan-layanan-telkomsms-dengan-menggunakan-metode-quality-function-deployment-di-kota-bandung-font-p-.html</identifier><language>Indonesia</language><recordID>112000219</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
author KURNIAWAN NUGROHO
title <p><font face="Arial">USULAN PERBAIKAN RANCANGAN LAYANAN TELKOMSMS DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DI KOTA BANDUNG</font></p>
publisher Universitas Telkom
publishDate 2007
topic #N
A
url https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/131913/-p-font-face-arial-usulan-perbaikan-rancangan-layanan-telkomsms-dengan-menggunakan-metode-quality-function-deployment-di-kota-bandung-font-p-.html
contents <font face="Times New Roman" size="3"> <p align="left">Perkembangan dunia telekomunikasi yang semakin pesat menyebabkan persaingan</p> <p align="left">diantara pelaku bisnis telekomunikasi menjadi semakin tajam. Dengan diberikannya lisensi</p> <p align="left">bisnis </p> <p align="left">Telekomunikasi), yang berarti berakhirnya monopoli bisnis </p> <p align="left">Telkom, maka persaingan pun akan terjadi pada bisnis </p> <p align="left">Telkom juga harus menghadapi persaingan dari pihak operator seluler.Harga untuk saat ini</p> <p align="left">mungkin masih menjadi faktor yang paling sensitif bagi konsumen Indonesia, tetapi perlu juga</p> <p align="left">dipikirkan faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen akan layanan</p> <p align="left">telekomunikasi ini. Salah satunya adalah inovasi dalam hal layanan-layanan yang diberikan.</p> <p align="left">Inovasi layanan berupa layanan bernilai tambah (Value Added Services) tersebut selain dapat</p> <p align="left">meningkatkan kepuasan pelanggan juga diharapkan dapat digunakan untuk mencapai loyalitas</p> <p align="left">pelanggan, sehingga masyarakat yang telah menggunakan jasa telekomunikasi PT Telkom tidak</p> <p align="left">akan berpindah ke operator lain. Salah satu layanan tersebut adalah layanan TelkomSMS yang</p> <p align="left">merupakan layanan yang memungkinkan kita berkirim pesan lewat telepon tetap. Sebagai</p> <p align="left">layanan yang baru diluncurkan di DIVRE III, khususnya wilayah Bandung layanan ini</p> <p align="left">membutuhkan penelitian untuk pengembangannya. Dimana pengembangan yang dilakukan</p> <p align="left">tersebut harus dapat mengakomodasi keinginan dan kebutuhan pelanggan serta kemampuan</p> <p align="left">perusahaan itu sendiri.</p> <p align="left">Pengembangan layanan yang sesuai keinginan dan kebutuhan pelanggan serta sesuai</p> <p align="left">dengan kemampuan perusahaan membutuhkan suatu solusi yang tepat. Solusi tersebut adalah</p> <p align="left">dengan menggunakan metode </p> <p align="left">digunakan sampai pada tahap iterasi II. Data diperoleh dari hasil wawancara dan kuisioner pada</p> <p align="left">pelanggan layanan TelkomSMS dan layanan SMS kompetitor,yaitu Flexi SMS dan layanan</p> <p align="left">SMS Esia. Sementara itu karakteristik teknis dan critical part didapatkan dari PT. Telkom</p> <p align="left">Kandatel Bandung sebagai operator dari layanan ini.</p> <p align="left">Dari hasil penelitian didapatkan 21 atribut kebutuhan pelanggan dan 17 karakteristik</p> <p align="left">teknis yang kemudian diolah dalam Matriks HoQ (QFD iterasi 1). Pada QFD iterasi II, Matriks</p> <p align="left">Desain Proses, diolah data dari 17 atribut kebutuhan QFD iterasi II, yang merupakan</p> <p align="left">karakteristik teknis dari QFD iterasi 1, dan 11 critical part. Dari hasil pengolahan didapatkan</p> <p align="left">atribut kebutuhan dengan bobot tertinggi, tingkat kepuasan pelanggan, perbandingan</p> <p align="left">performansi antar layanan, target yang ingin dicapai dan juga bobot dari masing-masing</p> <p align="left">karakteristik teknis dan critical part. Fokus pengembangan akan didasarkan pada hasil-hasil</p> <p align="left">yang diperoleh dari pengolahan kedua matriks QFD tersebut.</p> <p align="left">Perbaikan konsep layanan difokuskan pada hasil pengolahan matriks QFD iterasi I dan</p> <p align="left">II. Pada QFD iterasi I yang merupakan titik berat pengembangan adalah pengaksesan layanan</p> <p align="left">yang terdiri dari tiga atribut kebutuhan yaitu pesan yang dikirim cepat sampai, pesan yang</p> <p align="left">dikirim jangan sampai gagal dan report pengiriman pesan cepat sampai. Sementara pada QFD</p> <p align="left">iterasi II adalah pengembangan pada jaringan VAS. Jadi pengembangan layanan berdasarkan</p> <p align="left">hasil pengolahan matriks QFD harus difokuskan pada peningkatan performansi jaringan VAS</p> <p align="left">untuk dapat meningkatkan kemampuan pengaksesan layanan yang meliputi pesan yang dikirm</p> <p align="left">cepat sampai, pesan yang dikirim jangan sampai gagal dan report pengiriman pesan cepat</p> <p align="left">sampai.</p> </font><em><font face="Times New Roman" size="3">fixed telecommunication </font><font face="Times New Roman" size="3">kepada Indosat (berdasarkan UU no 36/1999 tentang</font><em><font face="Times New Roman" size="3">fixed telecommunication </font><font face="Times New Roman" size="3">oleh PT</font><em><font face="Times New Roman" size="3">fixed telecommunication.</font><font face="Times New Roman" size="3">Selain itu PT.</font><em><font face="Times New Roman" size="3">Quality Function Deployment (QFD)</font><font face="Times New Roman" size="3">. Pada penelitian ini QFD</font></em></em></em></em> Quality Function Deployment, TelkomSMS, Desain Layanan, House of Quality, Matrix Design Deployment
id IOS2750.112000219
institution Telkom University
institution_id 317
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Telkom University
library_id 255
collection Katalog Library & Knowledge Center Telkom University
repository_id 2750
subject_area Ekonomi
Program Komputer dan Teknologi Informasi
Rekayasa
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS2750
first_indexed 2020-07-03T07:16:22Z
last_indexed 2020-07-03T07:16:22Z
recordtype dc
_version_ 1765820012060213248
score 17.538404