Eksperimentasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) EDan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu Siswa (Pada Siswa kelas V1I SMP Negeri 1 Mojosongo tahun 2012/ 2013)
Main Author: | Noviati, Rini |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/24909/1/03._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/24909/2/04._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/24909/3/05._BAB_2.pdf http://eprints.ums.ac.id/24909/4/06._BAB_3.pdf http://eprints.ums.ac.id/24909/5/07._BAB_4.pdf http://eprints.ums.ac.id/24909/6/08._BAB_5.pdf http://eprints.ums.ac.id/24909/8/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/24909/9/10._Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/24909/12/02._Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/24909/ |
ctrlnum |
24909 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/24909/</relation><title>Eksperimentasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) EDan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu Siswa (Pada Siswa kelas V1I SMP Negeri 1 Mojosongo tahun 2012/ 2013)</title><creator>Noviati, Rini</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) perbedaan penggunaan model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika, (2) perbedaan rasa ingin tahu siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) efek interaksi antara model pembelajaran dan rasa ingin tahu siswa terhadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 mojosongo tahun ajaran 2012/ 2013. Teknik untuk pengambilan sampel digunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa, masing-masing terdiri dari 30 siswa untuk kelas kontrol dan 30 siswa untuk kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat analisis dengan program Microsoft Excell 2010 untuk uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis data dengan taraf signifikan 5% diperoleh: (1) Terdapat perbedaan penggunaan model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika, (2) terdapat perbedaan rasa ingin tahu siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan rasa ingin tahu siswa terhadap hasil belajar matematika. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) ditinjau dari rasa ingin tahu siswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24909/1/03._Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24909/2/04._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24909/3/05._BAB_2.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24909/4/06._BAB_3.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24909/5/07._BAB_4.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24909/6/08._BAB_5.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24909/8/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24909/9/10._Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24909/12/02._Naskah_Publikasi.pdf</identifier><identifier> Noviati, Rini (2013) Eksperimentasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) EDan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu Siswa (Pada Siswa kelas V1I SMP Negeri 1 Mojosongo tahun 2012/ 2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A 410090268</relation><recordID>24909</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Noviati, Rini |
title |
Eksperimentasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) EDan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu Siswa (Pada Siswa kelas V1I SMP Negeri 1 Mojosongo tahun 2012/ 2013) |
publishDate |
2013 |
topic |
LB1603 Secondary Education. High schools |
url |
http://eprints.ums.ac.id/24909/1/03._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/24909/2/04._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/24909/3/05._BAB_2.pdf http://eprints.ums.ac.id/24909/4/06._BAB_3.pdf http://eprints.ums.ac.id/24909/5/07._BAB_4.pdf http://eprints.ums.ac.id/24909/6/08._BAB_5.pdf http://eprints.ums.ac.id/24909/8/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/24909/9/10._Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/24909/12/02._Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/24909/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) perbedaan penggunaan model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika, (2) perbedaan rasa ingin tahu siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) efek interaksi antara model pembelajaran dan rasa ingin tahu siswa terhadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 mojosongo tahun ajaran 2012/ 2013. Teknik untuk pengambilan sampel digunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa, masing-masing terdiri dari 30 siswa untuk kelas kontrol dan 30 siswa untuk kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat analisis dengan program Microsoft Excell 2010 untuk uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis data dengan taraf signifikan 5% diperoleh: (1) Terdapat perbedaan penggunaan model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika, (2) terdapat perbedaan rasa ingin tahu siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan rasa ingin tahu siswa terhadap hasil belajar matematika. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) ditinjau dari rasa ingin tahu siswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. |
id |
IOS2728.24909 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:46:22Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:46:26Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810753139376128 |
score |
17.538404 |