Eksperimentasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) EDan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu Siswa (Pada Siswa kelas V1I SMP Negeri 1 Mojosongo tahun 2012/ 2013)

Main Author: Noviati, Rini
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/24909/1/03._Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24909/2/04._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24909/3/05._BAB_2.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24909/4/06._BAB_3.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24909/5/07._BAB_4.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24909/6/08._BAB_5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24909/8/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24909/9/10._Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24909/12/02._Naskah_Publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24909/
ctrlnum 24909
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/24909/</relation><title>Eksperimentasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) EDan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu Siswa (Pada Siswa kelas V1I SMP Negeri 1 Mojosongo tahun 2012/ 2013)</title><creator>Noviati, Rini</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) perbedaan penggunaan model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika, (2) perbedaan rasa ingin tahu siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) efek interaksi antara model pembelajaran dan rasa ingin tahu siswa terhadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 mojosongo tahun ajaran 2012/ 2013. Teknik untuk pengambilan sampel digunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa, masing-masing terdiri dari 30 siswa untuk kelas kontrol dan 30 siswa untuk kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat analisis dengan program Microsoft Excell 2010 untuk uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis data dengan taraf signifikan 5% diperoleh: (1) Terdapat perbedaan penggunaan model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika, (2) terdapat perbedaan rasa ingin tahu siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan rasa ingin tahu siswa terhadap hasil belajar matematika. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) ditinjau dari rasa ingin tahu siswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24909/1/03._Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24909/2/04._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24909/3/05._BAB_2.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24909/4/06._BAB_3.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24909/5/07._BAB_4.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24909/6/08._BAB_5.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24909/8/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24909/9/10._Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24909/12/02._Naskah_Publikasi.pdf</identifier><identifier> Noviati, Rini (2013) Eksperimentasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) EDan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu Siswa (Pada Siswa kelas V1I SMP Negeri 1 Mojosongo tahun 2012/ 2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A 410090268</relation><recordID>24909</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Noviati, Rini
title Eksperimentasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) EDan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu Siswa (Pada Siswa kelas V1I SMP Negeri 1 Mojosongo tahun 2012/ 2013)
publishDate 2013
topic LB1603 Secondary Education. High schools
url http://eprints.ums.ac.id/24909/1/03._Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24909/2/04._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24909/3/05._BAB_2.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24909/4/06._BAB_3.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24909/5/07._BAB_4.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24909/6/08._BAB_5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24909/8/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24909/9/10._Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24909/12/02._Naskah_Publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24909/
contents Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) perbedaan penggunaan model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika, (2) perbedaan rasa ingin tahu siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) efek interaksi antara model pembelajaran dan rasa ingin tahu siswa terhadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 mojosongo tahun ajaran 2012/ 2013. Teknik untuk pengambilan sampel digunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa, masing-masing terdiri dari 30 siswa untuk kelas kontrol dan 30 siswa untuk kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat analisis dengan program Microsoft Excell 2010 untuk uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis data dengan taraf signifikan 5% diperoleh: (1) Terdapat perbedaan penggunaan model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika, (2) terdapat perbedaan rasa ingin tahu siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan rasa ingin tahu siswa terhadap hasil belajar matematika. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) ditinjau dari rasa ingin tahu siswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.
id IOS2728.24909
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:46:22Z
last_indexed 2016-09-22T02:46:26Z
recordtype dc
_version_ 1765810753139376128
score 17.538404