Upaya meningkatakan kemampuan memahami bangun datar dan ruang dengan metode Contextual Teaching And Learning(CTL)pada Pembelajaran Matematika kelas V SDN Sekaran Wonosari,Klaten 2011/2012
Main Author: | Sriyanto, Sriyanto |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/16977/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/16977/4/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/16977/5/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/16977/10/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/16977/13/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/16977/15/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/16977/19/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/16977/22/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/16977/ |
ctrlnum |
16977 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/16977/</relation><title>Upaya meningkatakan kemampuan memahami bangun datar dan ruang dengan metode Contextual Teaching And Learning(CTL)pada Pembelajaran Matematika kelas V SDN Sekaran Wonosari,Klaten 2011/2012</title><creator>Sriyanto, Sriyanto</creator><subject>LC Special aspects of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran matematika melalui metode Contextual Teaching and Learning
(CTL). Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Metode
Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yang meliputi analisis deskriptif
komparatif dan analisis deskriptif kualitatif. Subyek Penelitian ini adalah guru dan
siswa kelas V SDN Sekaran Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 18 siswa
dan obyek penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan
dalam 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan
refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa.
Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar sebelum tindakan adalah
47,22. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan menggunakan metode
Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siklus I hasil belajar meningkat
menjadi 68,89 dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 77,22.
Secara keseluruhan dengan penggunaan metode Contextual Teaching and
Leraning (CTL) mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Matematika siswa kelas V SDN Sekaran Tahun Pelajaran 2011/2012.
</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16977/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16977/4/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16977/5/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16977/10/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16977/13/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16977/15/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16977/19/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16977/22/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Sriyanto, Sriyanto (2012) Upaya meningkatakan kemampuan memahami bangun datar dan ruang dengan metode Contextual Teaching And Learning(CTL)pada Pembelajaran Matematika kelas V SDN Sekaran Wonosari,Klaten 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510091090</relation><recordID>16977</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Sriyanto, Sriyanto |
title |
Upaya meningkatakan kemampuan memahami bangun datar dan ruang dengan metode Contextual Teaching And Learning(CTL)pada Pembelajaran Matematika kelas V SDN Sekaran Wonosari,Klaten 2011/2012 |
publishDate |
2012 |
topic |
LC Special aspects of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/16977/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/16977/4/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/16977/5/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/16977/10/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/16977/13/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/16977/15/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/16977/19/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/16977/22/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/16977/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran matematika melalui metode Contextual Teaching and Learning
(CTL). Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Metode
Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yang meliputi analisis deskriptif
komparatif dan analisis deskriptif kualitatif. Subyek Penelitian ini adalah guru dan
siswa kelas V SDN Sekaran Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 18 siswa
dan obyek penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan
dalam 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan
refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa.
Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar sebelum tindakan adalah
47,22. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan menggunakan metode
Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siklus I hasil belajar meningkat
menjadi 68,89 dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 77,22.
Secara keseluruhan dengan penggunaan metode Contextual Teaching and
Leraning (CTL) mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Matematika siswa kelas V SDN Sekaran Tahun Pelajaran 2011/2012.
|
id |
IOS2728.16977 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:41:13Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:41:15Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810591974293504 |
score |
17.538404 |