Upaya meningkatakan kemampuan memahami bangun datar dan ruang dengan metode Contextual Teaching And Learning(CTL)pada Pembelajaran Matematika kelas V SDN Sekaran Wonosari,Klaten 2011/2012

Main Author: Sriyanto, Sriyanto
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/16977/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16977/4/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16977/5/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16977/10/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16977/13/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16977/15/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16977/19/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16977/22/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16977/
ctrlnum 16977
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/16977/</relation><title>Upaya meningkatakan kemampuan memahami bangun datar dan ruang dengan metode Contextual Teaching And Learning(CTL)pada Pembelajaran Matematika kelas V SDN Sekaran Wonosari,Klaten 2011/2012</title><creator>Sriyanto, Sriyanto</creator><subject>LC Special aspects of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam&#xD; pembelajaran matematika melalui metode Contextual Teaching and Learning&#xD; (CTL). Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Metode&#xD; Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.&#xD; Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yang meliputi analisis deskriptif&#xD; komparatif dan analisis deskriptif kualitatif. Subyek Penelitian ini adalah guru dan&#xD; siswa kelas V SDN Sekaran Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 18 siswa&#xD; dan obyek penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan&#xD; dalam 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan&#xD; refleksi.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa.&#xD; Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar sebelum tindakan adalah&#xD; 47,22. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan menggunakan metode&#xD; Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siklus I hasil belajar meningkat&#xD; menjadi 68,89 dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 77,22.&#xD; Secara keseluruhan dengan penggunaan metode Contextual Teaching and&#xD; Leraning (CTL) mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran&#xD; Matematika siswa kelas V SDN Sekaran Tahun Pelajaran 2011/2012.&#xD; </description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16977/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16977/4/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16977/5/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16977/10/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16977/13/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16977/15/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16977/19/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16977/22/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Sriyanto, Sriyanto (2012) Upaya meningkatakan kemampuan memahami bangun datar dan ruang dengan metode Contextual Teaching And Learning(CTL)pada Pembelajaran Matematika kelas V SDN Sekaran Wonosari,Klaten 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510091090</relation><recordID>16977</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Sriyanto, Sriyanto
title Upaya meningkatakan kemampuan memahami bangun datar dan ruang dengan metode Contextual Teaching And Learning(CTL)pada Pembelajaran Matematika kelas V SDN Sekaran Wonosari,Klaten 2011/2012
publishDate 2012
topic LC Special aspects of education
url http://eprints.ums.ac.id/16977/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16977/4/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16977/5/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16977/10/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16977/13/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16977/15/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16977/19/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16977/22/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16977/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Metode Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yang meliputi analisis deskriptif komparatif dan analisis deskriptif kualitatif. Subyek Penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Sekaran Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 18 siswa dan obyek penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar sebelum tindakan adalah 47,22. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siklus I hasil belajar meningkat menjadi 68,89 dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 77,22. Secara keseluruhan dengan penggunaan metode Contextual Teaching and Leraning (CTL) mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V SDN Sekaran Tahun Pelajaran 2011/2012.
id IOS2728.16977
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:41:13Z
last_indexed 2016-09-22T02:41:15Z
recordtype dc
_version_ 1765810591974293504
score 17.538404