EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN THINK–TALK–WRITE (TTW) DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Eksperimen pada Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
Main Author: | Hidayah, Isnaini Nurul |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/13991/1/02._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/13991/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13991/3/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/13991/4/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/13991/5/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13991/8/06._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13991/10/07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/13991/12/08._Lampiran-lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/13991/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi pembelajaran TAI dan TTW terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) efek interaksi strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 5 kelas. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 68 siswa yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas TAI dan 34 siswa sebagai kelas TTW. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cara Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan program exel untuk uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian untuk a = 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh strategi pembelajaran TAI dan TTW terhadap prestasi belajar matematika (2) Ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa (3) tidak ada efek interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi siswa terhadap prestasi belajar matematika.