PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVENMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT (Eksperimen di Kelas X Semester Genap SMK PSM Kedunggalar, Kab. Ngawi Tahun Ajaran 2010/2011)

Main Author: TAMARAN, EPI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13902/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13902/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13902/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13902/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13902/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13902/7/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13902/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13902/12/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13902/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe NHT dan STAD terhadap prestasi belajar matematika. (2) Pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika. (3) Efek interaksi antara metode pembelajaran dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimentasi. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMK PSM Kedunggalar, tahun ajaran 2010/2011, sedangkan sampelnya adalah siswa dua kelas, yaitu kelas X AK1 dan kelas X AK2. Teknik pengambilan sampel dengan undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Angket dan Tes sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan. Hasil penelitian menggunakan α = 5% menunjukkan 1) Terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT dan STAD terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini berdasarkan analisis variansi dua jalan diketahui bahwa Fhitung > Ftabel sebesar 4,261 > 4,001. 2) Terdapat pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini berdasarkan analisis variansi dua jalan diketahui bahwa Fhitung > Ftabel sebesar 26.080 > 4,001 .3) Tidak terdapat efek interaksi antara metode pembelajaran dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini berdasarkan analisis variansi dua jalan diketahui bahwa Fhitung < Ftabel sebesar 0.708 > 4,001.