ADOPSI E-COMMERCE PADA UMKM DI SEMARANG(STUDI KASUS USAHA KECIL BIDANG KULINER)
Daftar Isi:
- Di era sekarang ini dimana teknologi mengalami perkembangan pesat akibat globalisasi yang terjadi, sebuah usaha dituntut untuk mengadopsi atau memanfaatkan teknologi yang ada untuk menjalankan usahanya termasuk pada usaha di bidang kuliner. Pengadopsian teknologi kepada sebuah usaha disebut sebagai e-Commerce. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat apa yang dirasakan setelah melakukan adopsi e-Commerce, kapabilitas teknologi yang dimiliki pada usaha kecil bidang kuliner untuk melakukan adopsi e-Commerce yang lebih baik, dan apakah usaha kecil bidang kuliner di Semarang sudah menerapkan tingkat adopsi e-Commerce yang lebih baik lagi. Metode penelitian pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Penentuan responden melalui teknik Purposive Sampling. Metode Analisis Data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif menggunakan tabel frekuensi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Manfaat e-Commerce yang dirasakan pada usaha kecil bidang kuliner di Semarang tergolong dalam kategori bermanfaat, yang berarti usaha yang melakukan adopsi e-Commerce benar-benar memperoleh manfaat dari melakukan adopsi e-Commerce. (2) Kapabilitas teknologi yang dimiliki oleh usaha kecil bidang kuliner di Semarang masuk ke dalam kategori tinggi. (3) Tingkat adopsi e-Commerce yang dimiliki oleh usaha kecil bidang kuliner di Semarang masuk ke dalam kategori rendah.