UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PADA BIDANG PENGECATAN MENGGUNAKAN METODE QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT) DI BENGKEL SURYA JAYA MOTOR SIDOARJO
Main Authors: | ASMINARTI, PURWANING, Wulandari, Diah |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Teknik Mesin
, 2016
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jtm-unesa/article/view/17582 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui kualitas pelayanan apa yang perlu ditingkatkan oleh pihak bengkel Surya Jaya Motor terhadap konsumennya (2) Mengetahui cara meningkatkan kinerja bengkel Surya Jaya Motor berdasarkan metode QFD. Penelitian ini merupakan penelitian untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada bidang pengecatan dengan menggunakan metode QFD (Quality Function Deployment) di bengkel Surya Jaya Motor Sidoarjo. Metode ini menggunakan questionnaire dan wawancara, sebanyak 20 responden yang terdiri dari pemilik bengkel dan pelanggan bengkel. Teknik analisa data yang digunakan adalah metode eksplanatory riset. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara meningkatkan kinerja bengkel Surya Jaya Motor berdasarkan metode QFD yaitu dalam hal non teknis dengan membuat Industri Customer Report (ICR) yang berbasis Online Survey-Problem Analysis. Hal ini ditunjukkan oleh hasil penyebaran kuisioner yang telah diolah oleh peniliti. Kata kunci :Pengecatan, Quality Function Deployment (QFD).