PENGARUH VIRAL MARKETING DAN KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE SHOP PADA MAHASISWA UNIVERSITAS JEMBER
Daftar Isi:
- Dalam perkembangan bisnis pada saat ini tidak lepas dari perkembangan teknologi yang pesat, hal ini menyebabkan pengusaha harus jeli dalam memanfaatkan teknologi dan terus ber inovasi terhadap produk dan strategi pemasarannya. Mengubah teknik pemasaran yang tadinya tradisional ke digital.Salah satu teknik yang digunakan adalah teknik viral marketing pemasar berupaya meningkatkan kepercayaan di era digital agar konsumen melakukan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah viral marketing dan kepercayaan pelanggan berpengaruh baik secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan pembelian online shop Shopee pada mahasiswa/I Fakultas Teknik Universitas Jember. Jenis penelitian yang di lakukan adalah penelitian asosiatif dengan teknik pengambilan sample non probability sampling yakni purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuisioner kepada mahasiswa/I Fakultas Teknik Universitas Jember yang melakukan transaksi pada online shop Shopee sebanyak 60 orang responden.Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini mengatakan bahwa pengaruh variabel independen yaitu viral marketing dan kepercayaan pelanggan secara simultan pada variabel dependen yaitu keputusan pembelian sebesar 32,5%. Sedangkan sisanya yaitu 75,5% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.