PENINGKATAN KINERJA BISNIS MELALUI KEINOVASIAN PRODUK, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Usaha Kecil Menengah Industri Batik di Pekalongan)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis inovasi produk, orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran dengan keunggulan bersaing sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengusaha/pemilik sekaligus produsen Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Batik di Kota Pekalongan sebesar 3.098 UMKM (BPS, 2016)), dengan jumlah sampel sebesar 100 responden. Alat analisisnya adalah path analysis, dimana sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa keinovasian produk, orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar mempunyai pengaruh positif terhadap keunggulan bersaing. keinovasian produk, orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja bisnis. Keunggulan bersaing mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja bisnis, artinya semakin produk-produk yang ditawarkan pemilik/pengusaha mempunyai keunggulan dalam bersaing, maka akan semakin meningkatkan kinerja bisnis yang dihasilkan. Hasil uji sobel test menunjukkan bahwa keunggulan bersaing mampu menjadi variabel intervening antara keinovasian produk, orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja. Kata Kunci : keinovasian produk, orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, keunggulan bersaing dan kinerja bisnis