PENINGKATAN KINERJA BISNIS MELALUI KEINOVASIAN PRODUK, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Usaha Kecil Menengah Industri Batik di Pekalongan)
ctrlnum |
15516 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unissula.ac.id/15516/</relation><title>PENINGKATAN KINERJA BISNIS MELALUI KEINOVASIAN PRODUK, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR DENGAN KEUNGGULAN BERSAING 
SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
(Studi pada Usaha Kecil Menengah Industri Batik di Pekalongan)</title><creator>SHOLIKAH, SHOLIKAH</creator><subject>HD28 Management. Industrial Management</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis inovasi produk, orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran dengan keunggulan bersaing sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengusaha/pemilik sekaligus produsen Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Batik di Kota Pekalongan sebesar 3.098 UMKM (BPS, 2016)), dengan jumlah sampel sebesar 100 responden. Alat analisisnya adalah path analysis, dimana sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik. 
Hasil pengujian menunjukkan bahwa keinovasian produk, orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar mempunyai pengaruh positif terhadap keunggulan bersaing. keinovasian produk, orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja bisnis. Keunggulan bersaing mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja bisnis, artinya semakin produk-produk yang ditawarkan pemilik/pengusaha mempunyai keunggulan dalam bersaing, maka akan semakin meningkatkan kinerja bisnis yang dihasilkan. Hasil uji sobel test menunjukkan bahwa keunggulan bersaing mampu menjadi variabel intervening antara keinovasian produk, orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja.



Kata Kunci : keinovasian produk, orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, keunggulan bersaing dan kinerja bisnis</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/15516/1/abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/15516/2/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/15516/3/babI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/15516/4/babII.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/15516/5/babIII.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/15516/6/babIV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/15516/7/babV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/15516/8/daftar_pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/15516/9/Daftarisi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/15516/10/lampiran.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/15516/11/publikasi.pdf</identifier><identifier> SHOLIKAH, SHOLIKAH (2019) PENINGKATAN KINERJA BISNIS MELALUI KEINOVASIAN PRODUK, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Usaha Kecil Menengah Industri Batik di Pekalongan). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung. </identifier><recordID>15516</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Thesis:Bachelors |
author |
SHOLIKAH, SHOLIKAH |
title |
PENINGKATAN KINERJA BISNIS MELALUI KEINOVASIAN PRODUK, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR DENGAN KEUNGGULAN BERSAING
SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
(Studi pada Usaha Kecil Menengah Industri Batik di Pekalongan) |
publishDate |
2019 |
topic |
HD28 Management. Industrial Management |
url |
http://repository.unissula.ac.id/15516/1/abstrak.pdf http://repository.unissula.ac.id/15516/2/Cover.pdf http://repository.unissula.ac.id/15516/3/babI.pdf http://repository.unissula.ac.id/15516/4/babII.pdf http://repository.unissula.ac.id/15516/5/babIII.pdf http://repository.unissula.ac.id/15516/6/babIV.pdf http://repository.unissula.ac.id/15516/7/babV.pdf http://repository.unissula.ac.id/15516/8/daftar_pustaka.pdf http://repository.unissula.ac.id/15516/9/Daftarisi.pdf http://repository.unissula.ac.id/15516/10/lampiran.pdf http://repository.unissula.ac.id/15516/11/publikasi.pdf http://repository.unissula.ac.id/15516/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis inovasi produk, orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran dengan keunggulan bersaing sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengusaha/pemilik sekaligus produsen Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Batik di Kota Pekalongan sebesar 3.098 UMKM (BPS, 2016)), dengan jumlah sampel sebesar 100 responden. Alat analisisnya adalah path analysis, dimana sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa keinovasian produk, orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar mempunyai pengaruh positif terhadap keunggulan bersaing. keinovasian produk, orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja bisnis. Keunggulan bersaing mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja bisnis, artinya semakin produk-produk yang ditawarkan pemilik/pengusaha mempunyai keunggulan dalam bersaing, maka akan semakin meningkatkan kinerja bisnis yang dihasilkan. Hasil uji sobel test menunjukkan bahwa keunggulan bersaing mampu menjadi variabel intervening antara keinovasian produk, orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja.
Kata Kunci : keinovasian produk, orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, keunggulan bersaing dan kinerja bisnis |
id |
IOS15607.15516 |
institution |
Universitas Islam Sultan Agung |
institution_id |
178 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Sultan Agung |
library_id |
514 |
collection |
PENGUKURAN TINGKAT ECO EFFISIENSI PADA IKM TAHU (Studi Kasus : IKM TAHU PAK TASMIN PATI) |
repository_id |
15607 |
city |
KOTA SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS15607 |
first_indexed |
2021-05-28T04:36:25Z |
last_indexed |
2021-05-28T04:36:25Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1700977766155943936 |
score |
17.538404 |