Peningkatan Kepuasan Konsumen Melalui Brand Image, Fitur Layanan, dan Keputusan Penggunaan Jasa Pos Kilat Khusus Pada PT Pos Indonesia (Studi pada Kantor Pos Cabang Semarang)
Daftar Isi:
- PT Pos Indonesia adalaha sebuah perusahaan milik negara yang bergerak dibidang jasa pengiriman barang. Dalam menjalankan tugasnya, hendaknya setiap perusahaan memberikan peayanan yang terbaik kepada para pelanggannya, karena kelangsungan hidup suatu perusahaan ada pada kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dari pengaruh brand image, fitur layanan dan keputusan penggunaan jasa baik secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena banyaknya perusahaan jasa pengiriman baru yang bermunculan di Semarang dan menjadi ancaman bagi PT Pos Indonesia , terutama pada Kantor Pos Semarang. Sample dalam penelitian ini diambil menggunakan metode purposive sampling dengaan syarat telah melakukan pengiriman pos kilat khusus pada Kantor Pos Semarang . Jumlah sample yang digunakan sebanyak 100 responden. Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS versi 21.0 dan model statistik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa brand image tidak berpengaruh secara langsung terhadap kepututsan penggunaan jasa, namun berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan fitur layanan berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan konsumen, maupun melalui keputusan penggunaan jasa. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa keputusan penggunaan jasa berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Kata Kunci : brand image, fitur layanan, keputusan penggunaan jasa, dan kepuasan konsumen.