Daftar Isi:
  • Untuk mengetahui informasi permasalahan yang ada di perpustakaan, peneliti melakukan observasi terlebih dahulu dengan melakukan wawncara kepada beberapa orang pengunjung. Dari hasil wawancara didapatkan bahwa pelayanan perpustakaan belum memuaskan pengguna diantaranya pada kecepatan akses internet, tidak disediakannya kunci loker pada penitipan tas, ketersediaan koleksi yang menunjang kebutuhan pelajar, ketersediaan computer yang masih kurang, ketersediaan buku sesuai dengan program studi yang ada dan penataan koleksi yang kurang rapi. Tujuan dari penenlitian ini adalah untuk mengetahui gap antara kenyataan dan harapan tingkat kualitas pelayanan pelayanan perpustakaan pusat UNISSULA dan atribut layanan apa saja yang menjadi prioritas perbaikan dengan metode IPA.Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada pengguna perpustakaan khususnya masiswa yang masih aktif sebanyak 89 orang. Dari hasil pengolahan data dengan metode servqual menunjukkan hasil yang negative dengan rata-rata gap servqual sebesar -0.55 ini menunjukkan kualitas pelayanan perpustakaan pusat UNISSULA belum memuaskan pengguna sementara dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) terdapat 5 atribut yang menjadi prioritas perbaikan atau yang harus ditingkakan kulitas pelayanannya diantarannya kelengkapan koleksi buku, jurnal nasional, dan internasional maupun referensi lainnya, ketersediaan sarana pendukung misalnya computer dan wi-fi untuk memudahkan pengguna mengakses informasi lewat internet, koleksi buku yang ada diperpustakaan cukup actual sesuai dengan program studi yang ada, menyediakan tempat atau locker penitipan tas yang nyaman yang dijaga oleh petugas dan penataan koleksi yang rapih dan kemudahan dalam pencarian koleksi. Kata Kunci: Tingkat Kualitas Layanan Pepustakaan, Servqual, Importance Perfomance Analisis(IPA)