Analisis pengaruh pelayanan, harga, lokasi dan layout terhadap kepuasan konsumen studi kasus pada bengkel AHASS PT. Sukses Motor Globalindo Gunung Tua (Kab. Padang Lawas Utara)
Main Author: | Siregar, Winda Lavita Nora |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6414/1/1640200253.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6414/ |
Daftar Isi:
- Persaingan di dunia bisnis saat ini semakin ketat. Hal ini juga dirasakan para pelaku bisnis di bidang jasa perbaikan sepeda motor seperti Bengkel AHASS PT. Sukses Motor Globalindo adalah salah satu bengkel yang ada di Gunung Tua, Kab. Padang Lawas Utara. Bengkel AHASS harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen dan memahami kebutuhan dan keinginan konsumennya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pelayanan, harga, lokasi dan layout terhadap kepuasan konsumen di PT. Sukses Motor Globalindo Gunung Tua. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah kepuasan konsumen. Menurut Mowen dan Minor kepuasan konsumen sebagai keseluruhan sikap yang ditunjukkan konsumen atas barang dan jasa setelah mereka memperoleh dan menggunakannya. Hal ini merupakan penilaian evaluatif pasca pemilihan yang disebabkan oleh seleksi pembelian khusus dan pengalaman menggunakan atau mengonsumsi barang atau jasa tersebut. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampling insidental. Sampel dalam penelitian ini adalah 94 orang konsumen dari Bengkel AHASS PT. Sukses Motor Globalindo Gunung Tua dan kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif, dan Analisis kuantitatif meliputi: uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil uji parsial (uji t) ada pengaruh antara pelayanan (X1) terhadap kepuasan konsumen secara parsial yang dibuktikan dengan P value < 0,10 atau 0,000 < 0,10 maka Ha1 diterima. Ada pengaruh antara harga (X2) terhadap kepuasan konsumen secara parsial yang dibuktikan dengan P value < 0,10 atau 0,000 < 0,10 maka Ha2 diterima. Ada pengaruh antara lokasi (X3) terhadap kepuasan konsumen secara parsial yang dibuktikan dengan P value < 0,10 atau 0,000 < 0,10 maka Ha3 diterima. Tidak ada pengaruh antara layout (X4) terhadap kepuasan konsumen secara parsial yang dibuktikan dengan 0,506 > 0,10 maka H0 diterima. Sedangkan hasil uji signifikan (uji F) diketahui bahwa variabel pelayanan, harga, lokasi dan layout memiliki pengaruh yang secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan hasil koefisien determinasi (adjusted R Square) diperoleh sebesar 0,553 atau sama dengan 55. 3%.