PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SELUAS KABUPATEN BENGKAYANG

Main Author: SEPERIANUS, IKIP
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/63/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/63/2/BAB%20II.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/63/3/BAB%20V.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/63/4/BAB%20III.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/63/5/BAB%20I.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/63/6/BAB%20IV.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/63/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul : “Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VIII SMP Negeri 1 Seluas kabupaten Bengkayang”. Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievemen Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VIII SMP Negeri 1 Seluas kabupaten Bengkayang”. Dengan sub-sub masalah : (1). Bagaimanakah rata-rata hasil belajar siswa yang tidak diterapkan model pembelajaran Student Team Achievement Division pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VIII SMP Negeri 1 Seluas kabupaten Bengkayang. (2). Bagaimanakah rata-rata hasil belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran Student Team Achievement Division pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VIII SMP Negeri 1 Seluas kabupaten Bengkayang. (3). Apakah terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran Student Team Achievement Division dengan yang tidak diterapkan model pembelajaran Student Team Achievement Division pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VIII SMP Negeri 1 Seluas kabupaten Bengkayang. (4). Seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VIII SMP Negeri 1 Seluas Kabupaten Bengkayang. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 1 Seluas kabupaten Bengkayang”. Sedangkan secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Rata-rata hasil belajar siswa yang tidak diterapkan model pembelajaran Student Team Achievement Division pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VIII SMP Negeri 1 Seluas kabupaten Bengkayang. (2). Rata-rata hasil belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran Student Team Achievement Division pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VIII SMP Negeri 1 Seluas kabupaten Bengkayang. (3). Perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran Student Team Achievement Division dengan yang tidak diterapkan model pembelajaran Student Team Achievement Division pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VIII SMP Negeri 1 Seluas kabupaten Bengkayang. (4). Pengaruh penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VIII SMP Negeri 1 Seluas Kabupaten Bengkayang. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas “Model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan variabel terikat “ Hasil belajar”.