KAJIAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN TRANSPORTASI ONLINE (GRAB CAR) DI KOTA PADANG 1) DENGAN METODE SERVQUAL
Daftar Isi:
- Grab Car merupakan transportasi umum berbasis online yang menggunakan aplikasi Grab di smartphone, transportasi online Grab Car diminati oleh masyarakat Kota Padang karena dapat melengkapi kebutuhan transportasi ataupun kebutuhan hidup penggunanya. Transportasi berbasis online (TBO) memiliki banyak pro dan kontra yang dihadapi. Mayoritas dari penyedia transportasi konvensional dan ojek pengkolan tidak menerima dengan keberadaan TBO ini karena menganggap bahwa para konsumen beralih untuk memakai transportasi online. Untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanannya perlu dilakukan penelitian mengenai persepsi dan harapan konsumen Grab Car terhadap kualitas pelayanan yang diberikan. Pada tahapan pengumpulan data metode yang digunakan adalah survei primer berupa wawancara, sebar kusioner, foto dan observasi dan survei sekunder. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis servqual untuk menilai tingkat kepuasan konsumen Grab Car dan analisis diagram kartesius untuk menentukan atribut pelayanan yang diprioritaskan untuk perbaikan. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah tingkat kepuasan berdasarkan persepsi dan harapan pengguna transportasi online Grab Car terhadap kualitas pelayanan dan atribut pelayanan yaitu (jaminan keamanan dan kenyamanan, Driver Grab Car yang menjemput penumpang tidak sama dengan profil driver di aplikasi) atribut pelayanan ini memiliki nilai prioritas rendah sehingga perlu ditingkatkan lagi dalam kualitas pelayananya. Kata Kunci : Grab Car, Kualitas Pelayanan, Servqual