PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN SISWA SMA KARTIKA 1-5 PADANG
Daftar Isi:
- PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN SISWA SMA KARTIKA 1-5 PADANG Zulfikri1, Mery Trianita S.E.,MM2, Wiry Utami S.E.,M.Sc Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bung Hatta Padang, Indonesia Email: zulfikri.67fikri@gmail.com,merytrianita@bunghatta.ac.id,wiryutami@bunghatta.ac.id ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan jasa pendidikan terhadap kepuasan siswa SMA KARTIKA 1-5 PADANG. Penelitian ini menggunakan 5 variabel indenpenden yaitu bukti fisik, empati, keandalan, daya tanggap, jaminan dengan satu variabel dependen yaitu kepuasan siswa. Setelah dilakukan tinjauan pustaka maupun lapangan dan penyusunan hipotesis, dalam data penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 120 orang siswa SMA KARTIKA I-5 PADANG kelas XI dan XII sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalan purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah kuantitatif yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t dan uji f serta koefisien determinasi. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pada uji asmusi klasik data berdistribusi normal, tidak terjadi heteroskedastistitas dan multikolinieritas. Pada uji hipotesis daya tanggap dan jaminan berpengaruh negatif terhadap kepuasan siswa dan bukti fisik, empati serta keandalan berpengaruh positif terhadap kepuasan siswa. Kata Kunci : Bukti Fisik, Empati, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Kepuasan Siswa