PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING UNTUK PENUMPANG KERETA API SIBINUANG
Daftar Isi:
- PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING UNTUK PENUMPANG KERETA API SIBINUANG 1Haris, 2Linda Wati, 3Purbo Jadmiko 1Mahasiswa Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta 2Dosen Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta E-mail : Harisberkah55@gmail.com, L11nda@yahoo.com, Purbojadmiko@bunghatta.ac.i ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas penumpang penumpang kereta api sibinuang dengan kepuasan sebagai variabel intervening. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan metode analisis regresi linear bertingkat. Hasil penelitian menemukan bahwa kualitas pelayanan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas, kualitas pelayanan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan, kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas, kualitas pelayanan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas dengan kepuasan sebagai variabel intervening. Kata kunci : loyalitas, kepuasan, kualitas pelayanan