THE EFFECTIVENESS OF STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) IN IMPROVING JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ READING COMPREHENSION A Quasi Experimental Study of Eighth Grade Students at One Junior High School in Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Student Team-Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan kemampuan siswa sekolah menengah pertama dalam memahami teks, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan STAD dalam pengajaran membaca. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental dimana subjek penelitian merupakan siswa kelas VIII yang terbagi menjadi dua kelas, kelompok eksperimen dan kelompok control. Data penelitian dikumpulkan melalui pre-test dan post-test. Nilai post-test kedua kelompok siswa kemudian dianalisa dengan menggunakan independent t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikansi lebih rendah dari tingkat signifikansi yaitu 0.043 < 0.05. Hal tersebut berarti bahwa penggunaan teknik STAD efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa sekolah menengah pertama dalam memahami teks. Selain itu, hasil analisa kuesioner menunjukan bahwa kebanyakan siswa memberikan respon yang positif terhadap penggunaan STAD. Hampir seluruh siswa setuju bahwa teknik STAD dapat meningkatkan kemampuan membaca mereka, membantu mereka dalam memahami teks, dan membuat mereka terlibat dalam proses pembelajaran dan berpartisipasi dalam diskusi.