Proses Berpikir Aljabar Siswa Mts Kelas VIII Menurut Taksonomi Solo
Main Authors: | WAHYUNIAR, LILIA SINTA, SHOFIA, NISKA, ROCHANA, SITI |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpkediri.ac.id/2418/1/5.%20Prosiding-Proses%20berpikir%20aljabar%20men%20taks%20solo.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/2418/2/Turnitin_Proses%20Berpikir%20Aljabar%20Siswa%20MTS%20kelas%20VIII%20menurut%20Taksonomi%20Solo.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/2418/3/PROSES%20BERPIKIR-TAKSONOMI%20SOLO-min.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/2418/ http://conference.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/semdikjar2/paper/viewFile/181/145 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir aljabar siswa MTS kelas VIII dalam menyelesaikan masalah aljabar berdasarkan taksonomi SOLO dilihat dari perbedaan kemampuan matematika pada jenis kelamin perempuan. Penelitian dilakukan di kelas VIII MTS Miftahul Huda Kabupaten Kediri. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa perempuan dengan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Subjek dipilih berdasarkan informasi dari guru mengenai kemampuan matematika serta kebersediaan dan keterbukaan subjek untuk diwawancari mengenai tugas masalah aljabar. Hasil penelitian menunjukkan siswa perempuan dengan kemampuan tinggi memenuhi indikator berpikir aljabar yaitu menemukan suku tertentu dan menggeneralisasikan pola yang diberikan serta memahami peran variabel sebagai bilangan yang diperumum pada bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan. Siswa perempuan dengan kemampuan matematika sedang hanya memenuhi indikator berpikir aljabar yaitu menemukan suku tertentu pada pola yang diberikan. Sedangkan perempuan dengan kemampuan matematika rendah tidak memenuhi satupun indikator berpikir aljabar.