ctrlnum 2418
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpkediri.ac.id/2418/</relation><title>Proses Berpikir Aljabar Siswa Mts Kelas VIII Menurut Taksonomi Solo</title><creator>WAHYUNIAR, LILIA SINTA</creator><creator>SHOFIA, NISKA</creator><creator>ROCHANA, SITI</creator><subject>121 Mathematics</subject><subject>459 Computer science</subject><subject>772 Mathematics education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir aljabar siswa MTS kelas VIII dalam&#xD; menyelesaikan masalah aljabar berdasarkan taksonomi SOLO dilihat dari perbedaan kemampuan&#xD; matematika pada jenis kelamin perempuan. Penelitian dilakukan di kelas VIII MTS Miftahul Huda&#xD; Kabupaten Kediri. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa perempuan dengan kemampuan tinggi,&#xD; sedang, dan rendah. Subjek dipilih berdasarkan informasi dari guru mengenai kemampuan&#xD; matematika serta kebersediaan dan keterbukaan subjek untuk diwawancari mengenai tugas&#xD; masalah aljabar. Hasil penelitian menunjukkan siswa perempuan dengan kemampuan tinggi&#xD; memenuhi indikator berpikir aljabar yaitu menemukan suku tertentu dan menggeneralisasikan&#xD; pola yang diberikan serta memahami peran variabel sebagai bilangan yang diperumum pada&#xD; bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan. Siswa perempuan dengan kemampuan&#xD; matematika sedang hanya memenuhi indikator berpikir aljabar yaitu menemukan suku tertentu&#xD; pada pola yang diberikan. Sedangkan perempuan dengan kemampuan matematika rendah tidak&#xD; memenuhi satupun indikator berpikir aljabar.</description><publisher>UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI</publisher><date>2018-08-04</date><type>Journal:Proceeding</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_sa_4</rights><identifier>http://repository.unpkediri.ac.id/2418/1/5.%20Prosiding-Proses%20berpikir%20aljabar%20men%20taks%20solo.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_sa_4</rights><identifier>http://repository.unpkediri.ac.id/2418/2/Turnitin_Proses%20Berpikir%20Aljabar%20Siswa%20MTS%20kelas%20VIII%20menurut%20Taksonomi%20Solo.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_sa_4</rights><identifier>http://repository.unpkediri.ac.id/2418/3/PROSES%20BERPIKIR-TAKSONOMI%20SOLO-min.pdf</identifier><identifier> WAHYUNIAR, LILIA SINTA and SHOFIA, NISKA and ROCHANA, SITI (2018) Proses Berpikir Aljabar Siswa Mts Kelas VIII Menurut Taksonomi Solo. In: Seminar Nasional Pendidikan dan Pengajaran ke-2 UNP Kediri, 04 Agustus 2018, Kediri. </identifier><relation>http://conference.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/semdikjar2/paper/viewFile/181/145</relation><recordID>2418</recordID></dc>
language ind
format Journal:Proceeding
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author WAHYUNIAR, LILIA SINTA
SHOFIA, NISKA
ROCHANA, SITI
title Proses Berpikir Aljabar Siswa Mts Kelas VIII Menurut Taksonomi Solo
publisher UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
publishDate 2018
topic 121 Mathematics
459 Computer science
772 Mathematics education
url http://repository.unpkediri.ac.id/2418/1/5.%20Prosiding-Proses%20berpikir%20aljabar%20men%20taks%20solo.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/2418/2/Turnitin_Proses%20Berpikir%20Aljabar%20Siswa%20MTS%20kelas%20VIII%20menurut%20Taksonomi%20Solo.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/2418/3/PROSES%20BERPIKIR-TAKSONOMI%20SOLO-min.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/2418/
http://conference.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/semdikjar2/paper/viewFile/181/145
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir aljabar siswa MTS kelas VIII dalam menyelesaikan masalah aljabar berdasarkan taksonomi SOLO dilihat dari perbedaan kemampuan matematika pada jenis kelamin perempuan. Penelitian dilakukan di kelas VIII MTS Miftahul Huda Kabupaten Kediri. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa perempuan dengan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Subjek dipilih berdasarkan informasi dari guru mengenai kemampuan matematika serta kebersediaan dan keterbukaan subjek untuk diwawancari mengenai tugas masalah aljabar. Hasil penelitian menunjukkan siswa perempuan dengan kemampuan tinggi memenuhi indikator berpikir aljabar yaitu menemukan suku tertentu dan menggeneralisasikan pola yang diberikan serta memahami peran variabel sebagai bilangan yang diperumum pada bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan. Siswa perempuan dengan kemampuan matematika sedang hanya memenuhi indikator berpikir aljabar yaitu menemukan suku tertentu pada pola yang diberikan. Sedangkan perempuan dengan kemampuan matematika rendah tidak memenuhi satupun indikator berpikir aljabar.
id IOS13635.2418
institution Universitas Nusantara PGRI Kediri
institution_id 184
institution_type library:university
library
library Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
library_id 571
collection Repository Universitas Nusantara PGRI Kediri
repository_id 13635
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
repoId IOS13635
first_indexed 2020-09-30T10:05:37Z
last_indexed 2020-10-20T23:39:57Z
recordtype dc
_version_ 1703513865309913088
score 17.538404