PENGARUH KELOMPOK REFERENSI, KELUARGA, STATUS SOSIAL DAN FAKTOR PRIBADI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA MEREK AVANZA
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk megetahui pengaruh antara variabel kelompok referensi, keluarga, status sosial dan faktor pribadi terhadap keputusan pembelian secara parsial maupun simultan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan 70 responden dengan penyebaran kuesioner. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan teknik sampling incidental. Hasil penelitian ini dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Aplikasi SPSS versi 15 digunakan untuk membantu pengujian. Hasil penelitian uji t menunjukkan variabel t hitung < t tabel yaitu 0,532 < 1,9971, maka kelompok referensi tidak berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian. t hitung > t tabel yaitu 3,198 > 1,9971 maka keluarga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. t hitung < t tabel yaitu 3,491 > 1,9971 maka status sosial berpengaruh terhadap keputusan pembelian. t hitung < t tabel yaitu 0,604 < 1,9971 maka faktor pribadi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sedangkan dalam penelitian uji F hitung 9,217 > F table 2,51 maka variabel kelompok referensi, keluarga, status sosial dan faktor pribadi berpengaruh secara silmutan dan signifikan terhadap keputusan pembelian